Ketinggalan Jaman, 36.000 Ponsel Nokia Diganti iPhone

NYPD Ganti Smartphone Nokia dengan iPhone – Kepolisian kota New York (NYPD) di Amerika Serikat merasa cukup kesal setelah membeli sebanyak  36.000 unit smartphone Nokia untuk para petugasnya di lapangan.

Nypd Ganti Smartphone Nokia Dengan Iphone

Hal ini karena Microsoft rupanya telah menyetop dukungan untuk sistem operasi Windows 8.1 di ponsel Nokia tersebut sejak tanggal 11 Juli lalu. Dengan begitu puluhan ribu smartphone Nokia tipe Lumia 830 dan Lumia 640 XL milik NYPD pun pada akhirnya menjadi perangkat yang ketinggalan jaman.

Pembelian smartphone Nokia oleh NYPD ini merupakan bagian dari program pengadaan Mobility Initiative yang besar biayanya mencapai 16 juta dollar AS. Smartphone-smartphone tersebut akan digunakan untuk menjalankan berbagai macam aplikasi khusus yang bisa membantu pekerjaan petugas polisi.

Ponsel-ponsel Nokia itu baru selesai diserahkan pada tahun 2016, kurang lebih satu tahun sebelum Microsoft pada akhirnya menghentikan dukungan terhadap Windows Phone 8.1.

Smartphone Nokia yang jumlahnya mencapai puluhan ribu tersebut sebenarnya masih bisa diupgrade ke dalam OS Windows 10, namun NYPD sepertinya tak melihat prospeknya dalam jangka panjang untuk hal ini sehingga pada akhirnya justru memutuskan untuk memilih iPhone sebagai pengganti dari 36.000 smartphone Nokia tersebut.

Keputusan NYPD untuk lebih memilih menggunakan Windows Phone yang kalah populer dibandingkan dengan Android dan iOS memang sempat mengejutkan publik sebab masa depan dari platform tersebut memang tidak jelas.

Meski begitu, wakil komisioner bidang TI NYPD, Jessica Tisch tetap kekeuh menggunakan Windows Phone sebab NYPD juga memakai software Microsoft untuk mengoperasikan kamera pengawas.

Namun terkait dengan kelancaran kinerja dari NYPD sendiri belum bisa dipastikan karena seluruh perangkatnya menggunakan software Microsoft.

Yang pasti, dari kiprahnya yang masih seumur jagung, ponsel-ponsel Nokia tersebut tetap memberikan manfaat pada para petugas polisi yang menggunakannya. Smartphone Nokia itu diketahui mempermudah petugas polisi dalam menjalankan tugas-tugasnya seperti melakukan pencarian di database, membuat laporan, serta menerima peringatan ketika sedang berada di lapangan. Peringatan akan dikirimkan melalui aplikasi-aplikasi custom made untuk Windows 8.1. Namun dengan berhentinya dukungan sistem operasi tersebut, tentu ponsel ini tidak bisa membantu lagi kerja petugas polisi dengan maksimal.

 

Top