Kamera Milik Google Pixel Bisa Dipakai Smartphone Lain?

Smartphone Lain Bisa Gunakan Kamera Pixel Asal Punya ISP Hexagon – Seri ponsel pintar bertajuk Pixel yang merupakan buatan Google memang hadir dengan kemampuan kamera yang bagus sehingga mampu menjepret gambar-gambar indah. Kualitas hasil jepretan foto Pixel yang mantap tersebut tidak bisa dilepaskan dari fitur ekslusif yang ada di dalamnya seperti HDR+.

Smartphone Lain Bisa Gunakan Kamera Pixel Asal Punya Isp Hexagon

Namun yang membuat penasaran adalah bisakah fitur ini dipindahkan dan digunakan pada smartphone Android lain? Rupanya hal tersebut pun bisa dilakukan menyusul sebuah penemuan dari developer asal Ukraina bernama populer B-S-G.

Pengembang Ukraina itu berhasil menciptakan versi port dari aplikasi Google Camera versi 4.4 kepunyaan Google Pixel. Software ini ternyata diambil dari Android O versi developer review yang telah diluncurkan pada bulan Juni lalu dan sudah bisa dijalankan di smartphone selain Pixel.

Software tersebut memang bisa dijalankan pada smartphone selain Pixel namun dengan syarat jika perangkat itu mempunyai ISP Hexagon atau versi yang lebih baru. Pengolah gambar ini pun telah disematkan pada sejumlah chip high-end teranyar dari Qualcomm seperti Snapdragon 820, 821, dan 835.

Software ini pun telah diuji oleh penulis di XDA Developer dan sudah dipastikan mampu berjalan di beberapa ponsel seperti LG G6, OnePlus 3, OnePlus 3T, dan OnePlus 5. Hasil pengujian tersebut menunjukkan jika fitur HDR+ di aplikasi Google camera 4.4 versi porting benar-benar berfungsi di ponsel-ponsel yang digunakan dalam uji coba itu.

Contohnya ketika kamera OnePlus 3 digunakan dalam keadaan HDR+ aktif dan non-aktif, maka area terang (higlight) dan area gelap (shadow) terlihat memiliki exposure yang seimbang.

Aplikasi Google Camera 4.4 hasil porting ini pun telah diperiksa agar mampu mendeteksi kemungkinan munculnya malware yang bisa menyusup kapan saja dan  hasilnya aplikasi ini pun telah dipastikan keamanannya.

Untuk tambahan, aplikasi Google Camera 4.4 pun telah dimaksimalkan untuk hardware Google Pixel sehingga meskipun mendukung ketika digunakan di smartphone lain, namun kamera tersebut kemungkinan besar tidak bisa berfungsi secara penuh sehingga hasil jepretan foto pada smartphone lain kualitasnya tetap tidak semantap Google Pixel.

 

Top