Kalahkan Intel, Samsung Rebut Tahta Produsen Chip Terbesar Dunia

Samsung Jadi Produsen Chip Terbesar di Dunia – Samsung akhirnya berhasil menumbangkan Intel dari tahta produsen chip semikonduktor terbesar di dunia. Hasil ini ternyata didapatkan dari laporan keuangan perusahaan asal Korea Selatan yang menunjukkan jika Samsung sukses mencatatkan untung yang besar untuk bisnis chip ini.

Samsung Jadi Produsen Chip Terbesar Di Dunia

Hasil yang cukup menggembirakan tersebut tentu tak bisa dilepaskan dari usaha Samsung yang selama ini sangat konsisten dalam mengembangkan teknologi chip semikonduktor sendiri, misalnya saja DRAM dan media penyimpanan flash. Tak hanya itu, Samsung pun memproduksi chipset hasil buatannya sendiri seperti jajaran chipset Exynos yang disematkan pada  berbagai produk smartphone miliknya.

Keberhasilan Samsung ini juga disinyalir karena perusahaan tersebut mampu merespons kondisi industri dengan cepat sehingga sekarang menjadikannya sebagai raja di bisnis semikonduktor. Hasil ini tak hanya dipengaruhi oleh Samsung saja tetapi juga Intel. Intel yang sebelumnya menduduki posisi Samsung diketahui justru harus menelan kegagalan dalam pembuatan chipset mobile yang sukses. Selain itu, Intel ternyata kurang piawai memanfaatkan pertumbuhan pasar smartphone, tablet, serta wearable.

Pada laporan keuangan kuartal kedua di tahun 2017, bisnis semikonduktor milik Samsung ini mampu menghasilkan pendapatan sebesar 15,68 miliar dollar AS atau sekitar Rp 208,8 triliun. Samsung juga memperoleh keuntungan operasional hingga 7,16 miliar dollar AS atau sekitar Rp 95,3 triliun.

Hasil yang didapatkan oleh Samsung tersebut menandakan terjadinya kenaikan keuntungan operasional perusahaan yang cukup besar dari periode yang sama pada kuartal kedua di tahun 2016 lalu yang mencapai 2,4 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 31,9 triliun.

Sementara itu, catatan MarketWatch memperlihatkan jika pendapatan Intel dari bisnis semikonduktor mampu menyentuh angka 14,8 miliar dollar AS atau sekitar Rp 197,1 triliun. Pendapatan operasional yang didapat oleh Intel sendiri besarnya mencapai 3,8 miliar dollar AS atau sekitar Rp 50,6 triliun.

Intel memang sudah dikenal sebagai raja dalam bisnis semikonduktor setidaknya dalam 24 tahun terakhir. Dalam kurun waktu yang cukup lama tersebut, Intel telah memproduksi CPU untuk laptop, PC, serta server. Ini pertama kalinya catatan pendapatan Intel dari bisnis chip sanggup disalip oleh perusahaan lain sehingga hasil tersebut memang cukup mengejutkan.

Top