iPhone Bakal Bisa Dipakai Sebagai E-Paspor

Apple Ajukan Paten Alat Pemindai Paspor – Apple memiliki harapan jika iPhone dan Watch bisa memiliki fungsi yang lebih canggih lagi, sehingga perangkat ini tak hanya bisa digunakan sebagai gadget dan dompet saja. Raksasa teknologi ini sekarang dikabarkan memiliki rencana yang cukup ambisius untuk membuat kedua perangkat genggam miliknya tersebut menjadi e-paspor.

Apple Ajukan Paten Alat Pemindai Paspor

Rencana Apple ini terungkap setelah pihaknya mengajukan sebuah proposal paten. Di dalam proposal tersebut terdapat alasan yang dituliskan oleh pihak Apple mengapa mereka mengajukan alat baru ini. Apple beralasan jika saat ini pemerintah sudah banyak menggunakan berbagai bentuk identifikasi untuk menyimpan informasi serta menggunakannya untuk mengetahui keaslian penggunanya.

Apple memberi contoh konsep yang diajukannya tersebut melalui chip electronic yang saat ini digunakan dalam e-paspor. Chip yang ada di e-paspor memang berisi nama, tanggal lahir, dan berbagai macam data yang berkaitan dengan pemilik paspor itu.

Chip pada e-paspor inilah yang dingin diadopsi oleh Apple dan direalisasikan ke dalam bentuk yang nantinya akan bisa disematkan pada iPhone maupun Watch.

Jika konsep ini nantinya bisa benar-benar diwujudkan oleh pihak Apple, maka pengguna iPhone maupun Watch hanya cukup berjalan melalui pemindai. Kemudian, seluruh data yang ada di dalam iPhone maupun Watch nantinya bisa dicocokkan dengan data yang tersimpan di imigrasi setempat secara otomatis.

Sesuai dengan paten yang diajukan Apple, kinerja perangkat seperti ini bisa direalisasikan dengan menggunakan perangkat berteknologi radio jarak pendek serta elemen pengaman. Setelah itu, sebuah komputer akan dipakai untuk membaca data paspor di dalam perangkat genggam dan mencocokkannya dengan data yang ada di pihak imigrasi.

Paten yang diajukan Apple untuk alat ini sekarang telah mendapatkan persetujuan dari U.S. Patent & Trademark Office sehingga kemungkinan alat yang diusulkan oleh Apple itu akan bisa benar-benar direalisasikan. Namun yang tak boleh dilupakan adalah paten biasanya hanya berupa sebuah konsep. Oleh karena itu, meskipun Apple memiliki kapasitas untuk mewujudkannya, namun belum bisa dipastikan jika Apple benar-benar akan merilisnya dalam waktu dekat.

 

Top