Google Sogok Apple Agar Bisa Muncul di iPhone

Kerjasama Google dan Apple – Google dan Apple merupakan dua raksasa teknologi yang saling bersaing untuk dapat menjadi yang terbaik. Namun, siapa sangka meskipun mereka bersaing tetapi rupanya mereka berdua juga terlibat dalam kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak. Seperti diketahui Apple pada perangkat iPhone dan iPad miliknya saat ini telah menggunakan Google sebagai mesin pencarian bawaan. Namun rupanya hal tersebut dilakukan Apple bukan tanpa alasan, Google rupanya membayar sejumlah uang untuk dapat menjadi mesin pencari bawaan di perangkat buatan rivalnya tersebut.

Kerjasama Google Dan Apple

Dilansir dari Business Insider, Google disebut-sebut merogoh kocek sekitar US$ 3 miliar atau sekitar Rp 40 triliun dalam satu tahun untuk dapat tetap berada di iPhone dan iPad. Berdasarkan angka tersebut, Google menjadi salah satu penyumbang keuntungan Apple sebesar 5%. Namun demikian, angka tersebut tidak dikonfirmasi secara resmi oleh Google maupun Apple. Namun, sejauh ini diketahui pada tahun 2014 yang lalu Google membayarkan US$ 1 miliar atau sekitar Rp 13 triliun kepada Apple.

Terlepas dari kepastian jumlah uang yang dibayar Google kepada Apple, hal tersebut menunjukkan besarnya keuntungan yang didapat. Karenanya, ini merupakan kesepakatan yang baik bagi Apple dan menunjukkan pentingnya ekosistem iPhone dan tentunya untuk tetap menjaga hubungan baik diantara keduanya ditengah persaingan antara iOS dan Android. Sebenarnya tak hanya Google saja yang membayarkan sejumlah uang untuk dapat muncul di iPhone, sejumlah platform lain juga diketahui melakukan kerjasama serupa dengan Apple diantaranya adalah Uber, Amazon, Facebook, dan Netflix.

Tentu saja keuntungan yang didapatkan Apple dari kerjasama dengan beberapa platform tersebut tidaklah sedikit. Namun hal tersebut tentu tidak hanya menguntungkan Apple semata namun juga menguntungkan pihak platform dimana pengguna iPhone mau tak mau pasti akan menggunakan platform yang telah tersedia ketika membeli perangkat itu.

Tak hanya Apple dan platform yang bekerjasama, namun sebenarnya para pengguna perangkat Apple juga diuntungkan dengan tidak perlu lagi repot-repot untuk mendownload dan menginstall beberapa aplikasi yang sudah tersedia.

Top