Facebook Mulai Saingi Youtube

Facebook Ciptakan Layanan Saingan Youtube – Facebook telah resmi merilis sebuah layanan baru yang merupakan sebuah platform berbagi video bernama Watch. Layanan ini nantinya akan tersedia dalam bentuk aplikasi mobile, televisi, desktop dan laptop. Dari fungsi dan kemampuannya, sudah dapat dibaca jika Facebook menciptakan layanan ini untuk dapat menyaingi Youtube yang saat ini menjadi platform video nomor satu di dunia.

Facebook Mulai Saingi Youtube

Berdasarkan informasi yang Begawei dapatan dari blog resmi Facebook, mengungkapkan pengguna Facebook yang sering melihat video di News Feed menjadi latar belakangnya menciptakan layanan ini. “Pengguna Facebook suka melihat video di News Feed Facebook, mereka juga ingin ada tempat khusus untuk menonton video,” ungkap Facebook.

Facebook sebenarnya telah cukup lama melakukan eksperimen untuk dapat merilis layanan video ini. Bahkan pada tahun lalu pihaknya telah bereksperimen dengan merilis fitur tab video untuk pengguna di Amerika Serikat. Dan akhirnya kini layanan ini pun dirilis untuk mempermudah pengguna dalam memilih video dan pertunjukan yang disukainya.

Sebagai pesaing dari Youtube, nantinya Facebbook Watch akan ditujukan bagi para kontent kreator yang membutuhkan platform lain yang lebih segar untuk mempublikasikan karyanya. Tak hanya itu saja, Facebook Watch ini juga akan menyasar perusahaan dan publisher yang ingin menarget audiens mereka dengan membangun komunitas aktif.

Di sisi lain, tak hanya Youtube saja yang akan menjadi pesaingnya, Netflix rupanya juga akan menjadi saingan tangguh lain yang akan dihadapinya. Untuk itulah, guna menggaet banyak pengunjung Facebook juga bakal membuat beragam jenis tayangan, seperti reality show, komedi, dan siaran langsung olahraga. Beberapa acara yang bakal ditayangkan di Watch juga bakal ada yang didanai langsung oleh Facebook.

Meskipun demikian, Facebook Watch nantinya akan berfokus pada empat hal yakni tayangan langsung yang menghubungkan brand dengan fans, tayangan yang menarik fans dan komunitas, tayangan yang memiliki tema konsisten, dan tayangan langsung yang bisa mengumpulkan komunitas. Namun, untuk saat ini, Facebook Watch ini hanya akan dapat dinikmati para pengguna Facebook di Amerika Serikat saja. Namun kedepannya tidak menutup kemungkinan jika Watch juga dapat dinikmati para pengguna Facebook diberbagai negara termasuk Indonesia.

Top