Facebook Akhirnya Punya Kantor di Indonesia

Facebook Resmi Buka Kantor di Indonesia – Facebook telah resmi membuka kantor barunya di Indonesia pada tanggal 14 Agustus 2017. Lokasi kantor Facebook ini berada di gedung perkantoran Capital Place Lantai 49, Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

Facebook Resmi Buka Kantor Di Indonesia

Country Director Facebook Indonesia, Sri Widowati menjelaskan jika Facebook sebelumnya memang sudah beroperasi di Indonesia dari tahun 2014 lalu. Namun, waktu itu Facebook masih menggunakan kantor yang bersifat perwakilan sehingga kantor tersebut tidak bisa melaksanakan kegiatan operasional perusahaan.

Dengan dibukanya kantor baru Facebook ini, investasi menjadi prioritas utamanya sebab Indonesia merupakan pasar yang besar. Jadi, begitu ada kesempatan maka pihak Facebook akan masuk namun untuk saat ini Widowati belum bisa berbagai lebih jauh tentang bisnis tersebut.

Di Indonesia sendiri, fokus Facebook adalah untuk membangun komunitas dan bisnis, baik skala kecil maupun besar. Selain itu, pihak Facebook juga akan membangun ekosistem di sini.

Widowati tampaknya juga masih belum mau berbagi informasi tentang jumlah karyawan lokal yang akan dipekerjakan di kantor tersebut. Tak hanya karyawan lokal, Facebook kemungkinan juga bakal memboyong tenaga ahli dari luar negeri untuk mengajarkan pelatihan tertentu.

Kantor baru ini dibuka setelah Facebook mendirikan badan usaha tetap (BUT) di Indonesia yang memakan waktu cukup lama.

Walaupun sudah memperoleh izin prinsip pada bulan Maret 2017, namun platform media sosial besar itu masih harus menunggu untuk menyesuaikan Klarifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KLBI) yang dibuat oleh Badan Koordinasi Penanaman modal (BKPM).

Kantor baru Facebook ini memakan setengah bagian dari lantai 49 di gedung Capital Place. Kantor tersebut mempunyai tiga ruang pertemuan yang namanya diadopsi dari permainan tradisional yang ada di Indonesia, misalnya Balap Karung dan Congklak.

Namun, untuk saat ini baru ada dua ruang pertemuan yang sudah tertata dan siap untuk digunakan. Sedangkan ruang yang satunya masih berfungsi sebagai tempat penyimpanan.

Ruang pertemuan berada di pojok sehingga bersebelahan dengan aula terbuka dan kantin yang menyediakan makanan dan minuman untuk karyawan. Kantin juga didesain dengan Facebook Wall yang menjadi hiasan khas perusahaan.

Dinding-dinding yang berada di dekat aula pertemuan sampai ruang workshop didekorasi dengan mural indah karya seniman Indie Guerilla dan Agung Prabowo. Sejumlah sofa pun diletakkan di dekat jendela serta ada dinding yang diberi “quotes” pemberi semangat.

Top