Diterpa Isu Keamanan, Drone DJI Kini Dibekali Mode Khusus

DJI Menambah Opsi Offline Pada Drone-nya – DJI yang merupakan drone pabrikan asal China beberapa waktu lalu memang sempat diterpa isu keamanan yang membuatnya disetop dikalangan militer Amerika Serikat. Merespon hal tersebut DJI pun langsung membuat langkah untuk menambah opsi offline pada drone-nya tersebut. Jika sebelumnya drone dari DJI harus terbang menggunakan koneksi internet, kini drone tersebut sudah dapat mengudara tanpa koneksi internet.

DJI Menambah Opsi Offline Pada Drone Nya

Sebelumnya, aplikasi DJI yang digunakan untuk mengendalikan drone memang selalu menghubungi server DJI untuk memeriksa update software, peta dan lainnya. hal ini lah yang dipermasalahkan oleh militer Amerika yang menganggap hal tersebut dapat membahayakan keamanan karena data-data sensitif tersebut dapat diakses oleh server.

Dengan mode offline ini, nantinya aplikasi DJI tidak akan memperbarui peta ataupun memberikan notifikasi kepada pengguna terkait update software ataupun larangan terbang. Hal ini diklaim akan meningkatkan keamanan untuk kegiatan0kegiatan sensitif seperti yang dimaksud oleh militer Amerika. “Kami membuat mode data lokal untuk memenuhi kebutuhan pelanggan enterprise, termasuk organisasi publik dan privat, yang menggunakan teknologi DJI untuk kegiatan sensitif di seluruh dunia” ungkap Vice President Police and Legal Affairs DJI, Brendan Schulman yang Begawei rangkum dari PetaPixel.

Di sisi lain, menurutnya fitur offline yang kini sudah bisa dinikmati pada DJI juga tidak terkait dengan penghentian pemakaian produk DJI oleh militer AS. Bahkan pihaknya mengklaim bahwa fitur offline ini telah mulai dikembangkan sejak beberapa bulan jauh sebelum militer AS mengumumkan penghentian pemakaian produk dari DJI ini.

Seperti yang diketahui militer AS menilai jika penggunaan produk dari DJI memiliki resiko celah keamanan cyber. Meskipun demikian, pihaknya tidak mengungkapkan celah keamanan apa yang dimaksudkannya. Mengenai fitur offline yang telah di rilis, rencananya DJI akan menyalurkannya kepada para penggunanya dalam beberapa minggu ke depan melalui pembaruan aplikasi mobile DJI.

Selain faktor keamanan, dengan adanya fitur offline ini nantinya juga akan memudahkan para pengguna DJI ini tanpa harus rajin melakukan update yang memang kerap kali membuat repot para pengguna.

Top