Di Eropa, Ponsel Tiongkok Ungguli Apple

Smartphone asal Cina Kalahkan Apple –¬†Memang, sudah diakui oleh banyak pihak bahwa untuk saat ini, persaingan bisnis smartphone secara global memang telah didominasi oleh dua raksasa produsen ponsel yakni Samsung dan Apple. Namun, tampaknya hal itu berbeda jika kawasannya dipersempit untuk pasar Eropa saja. Pasalnya, belum lam ini telah diketahui bahwa di pasar Benua Biru tersebut, Apple hanya menduduki posisi yang lebih rendah dibanding Huawei dan masih sama seperti biasanya, Samsung berada di atas puncak di pasar Eropa.

Smartphone Asal Cina Kalahkan Apple

Dengan keunggulan Huawei di atas Apple, tentu menjadi suatu prestasi yang cukup membanggakan bagi produsen asal Tiongkok tersebut. Dengan kata lain, Huawei telah merebut kembali posisi nomor dua dari Apple di Eropa Tengah dan Timur pada kuartal dua 2017. Menurut info yang beredar, perusahaan tersebut mengirimkan 1,8 juta smartphone dan menguasai 12% pangsa pasar, mengalahkan Apple dengan kurang dari 50.000 handset ponsel. Menariknya, pencapaian yang diraih oleh Huawei ini berkat smartphone mid-range-nya dengan P10 Lite yang menjadi best seller di pasar Eropa.

Tak berbeda jauh dengan yang sudah disebutkan sebelumnya, Samsung menempati posisi pertama di pasar Eropa Tengah dan Timur pada kuartal dua 2017. Di mana, pabrik asal Korsel tersebut telah melakukan pengiriman hingga 4,9 juta ponsel, meningkat 14% dibanding tahun lalu. Hal ini dicapai Samsung karena permintaan yang besar untuk produk Samsung Galaxy seri A dan J yang telah diperbarui tahun ini.

“Huawei tergelincir di belakang Apple pada Q1 2017,” kata Canalys Analyst Ben Stanton.

Terkait dengan persaingan yang cukup menarik di pasar Eropa tersebut, Apple melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk meningkatkan basis terinstalnya ke iPhone 7 Plus, sementara Huawei mengalami dampak dari akhir yang sangat agresif hingga 2016. Ini menghasilkan banyak persediaan saluran tahun lalu karena tim penjualannya mengejar 140 juta target pengiriman global per tahun. Tetapi Huawei kembali, tumbuh 11% di Q2 2017.

Top