Chip Mediatek “VoLTE” Helio P23 dan P30 Resmi Diumumkan

Mediatek Resmikan Chipset Helio P23 dan P30 – Mediatek sudah resmi mengumumkan dua chipset mobile barunya, Helio P23 dan Helio P30 pada awal pekan ini. Kedua chipset tersebut menurut jadwal akan mulai tersedia pada kuartal keempat di tahun 2017 ini. Keduanya pun telah memperoleh sertifikasi untuk penggunaan global. Meski begitu, Helio P30 pada awalnya hanya akan tersedia di China saja.

Mediatek Resmikan Chipset Helio P23 Dan P30

Chipset Helio P23 dan P30 sama-sama hadir dengan CPU octa-core Cortex-A53 serta kartu pengolah grafis alias GPU Mali-G71. Kartu grafis pada kedua chipset tersebut diketahui mampu menawarkan kinerja yang lebih tinggi ketimbang GPU Mali-T880 yang tersemat di dalam chipset Helio P20 maupun Helio P25 sebelumnya.

Kedua chipset anyar racikan Mediatek itu ternyata juga telah dibekali dengan dukungan dual VoLTE atau Voice over LTE yang membuat para penggunanya bisa melakukan panggilan suara dengan kualitas yang tinggi melalui jaringan 4G LTE.

Mediatek juga membekali chipset Helio P23 dan P30 dengan teknologi pengolah gambar Imagiq 2.9 yang diadopsi dari chipset high-end Helio X30.

Teknologi pengolah gambar ini membawa sejumlah fitur-fitur yang berfungsi untuk mendukung tampilan gambar yang berkualitas. Diantara fitur-fitur yang dimaksud ada auto exposure, noise reduction, dan electronic image stabilization.

Khusus untuk chipset Helio P30, Mediatek memberikan dukungan encoding codec High Efficiency Video Coding (HEVC). Selain itu, chipset ini menawarkan dukungan untuk kamera 16 megapiksel dan 16 megapiksel sehingga ponsel yang dibekali dengan chipset ini bakal menawarkan kemampuan fotografi yang sangat mumpuni. Sementara itu, Helio P23 justru masih menggunakan konfigurasi kamera 13 megapiksel dan 13 megapiksel sehingga kemampuannya dalam memberikan dukungan pada aktivitas membidik foto bakal sama dengan Helio P25 sebelumnya.

Mediatek membuat kedua chipset terbarunya, Helio P23 dan P30 dengan menggunakan proses fabrikasi 16 nm di TSMC. Dengan begitu, proses pembuatan untuk dua chipset anyar Mediatek tersebut masih sama dengan chip-chip Mediatek terdahulu. Meski dibuat memakai proses yang sama, namun Mediatek telah menjanjikan jika keduanya akan lebih hemat dalam konsumsi daya.

Top