Cara Test Kecepatan Internet di Android Menggunakan Aplikasi Gratis

Cara Test Kecepatan Internet di Android – Bagi teman-teman Begawei yang ingin tahu statistik kecepatan akses internet pada ponselnya, ternyata saat ini ada cara test kecepatan internet di Android yang bisa kawan lakukan dengan mudah. Sebenarnya, pada beberapa ponsel Android sudah ada fitur yang bisa digunakan untuk mengecek atau melihat kecepatan internet, mulai dari kecepatan download sampai upload. Tentunya, dengan menggunakan fitur bawaan tersebut, sahabat Begawei bisa memantau maupun menganalisa koneksi internet. Namun, ada juga cara lain yang bisa teman-teman terapkan untuk mengetahui kecepatan akses internet di ponsel Android yang kawan miliki. Tentu, cara test speed internet di Android yang akan Begawei ulas kali ini berkenaan dengan kendala pada beberapa ponsel yang mungkin belum menyediakan fitur yang bisa digunakan untuk melihat akses internet. Maka dari itu, pastinya langkah-langkah konkret untuk mengetahui kecepatan akses internet pada perangkat Android yang kawan miliki kali ini bisa diterapkan. Lantas, kira-kira bagaimana sih cara test kecepatan internet di Android yang dapat dilakukan pada perangkat yang belum dibekali fitur ini dari pabrikan?

Cara Test Kecepatan Internet Di Android

Terkait kecepatan akses internet, sebenarnya jika ditelisik secara mendalam, cara test kecepatan internet di Android ini cukup mudah dan tak terlalu rumit. Selain itu, perlunya untuk mengetahui kecepatan akses internet pada ponsel Android, tentu sobat bisa memantau bagaimana jati diri dari koneksi internet di smartphone Android yang teman-teman miliki. Pastinya, hal tersebut akan sangat bermanfaat dalam menunjang segala aktivitas sobat yang berkenaan dengan akses jaringan internet. Di lain sisi, cara test kecepatan internet di Android pun sebenarnya juga bisa digunakan sebagai salah satu langkah untuk melihat bagaimana akses koneksi internet pada ponsel kita ini berjalan, apakah lancar atau tidak. Nah, dengan demikian meski tak terlalu penting namun Begawei rasa mengetahui kecepatan akses internet ini perlu untuk diketahui. Nah, untuk menyingkat waktu, langsung saja yuk kita simak bersama-sama cara test kecepatan internet di Android yang akan Begawei sajikan langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Tes Kecepatan Internet Di Android

Cara Test Kecepatan Internet di Android

Sebagaimana dengan yang sudah disinggung di atas, pada awal segmen pembahasan ini Begawei akan mengulas cara test kecepatan internet di Android. Untuk menerapkan cara tersebut maka kali ini kita akan menggunakan beberapa aplikasi untuk mengecek akses internet. Antara lain sebagai berikut:

Aplikasi Speedtest

Aplikasi yang bernama Speedtest.net ini merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam cara tes kecepatan internet di Android yang bisa kawan lakukan. Bahkan, aplikasi ini pun digunakan oleh banyak orang untuk mengetes atau mengecek akses internet. Nah, untuk langkah-langkah penerapannya, sebagai berikut:

  1. Pertama, download dulu aplikasi Speedtest ini yang tersedia di PlayStore. Lalu, instal dan buka aplikasinya.
  2. Kemudian, pastikan juga bahwa koneksi internet pada ponsel Android yang kawan miliki masih hidup dan pastikan pula tidak ada aplikasi lain yang sedang diunduh. Langkah ini merupakan tahapan yang penting dari cara test kecepatan internet di Android menggunakan Speedtest.
  3. Tunggulah beberapa menit sampai nanti aplikasi Speedtest ini menemukan server yang paling dekat untuk dilakukan pengujian tes. Nantinya akan muncul tampilan baru. Lalu, klik menu “Mulai Tes”
  4. Lalu, pada tahapan cara test speed internet di Android menggunakan Speedtest berikutnya, sobat hanya perlu menunggu beberapa menit saja. Sembari menunggu, kawan-kawan bisa melakukan aktivitas lain.
  5. Nah, setelah beberapa saat tes tadi dijalankan, cek ponsel Android dan hasil dari tes koneksi internet pun akan muncul

Jika melihat langkah-langkah dalam cara test kecepatan internet di Android menggunakan Speedtest tersebut, tampaknya cukup mudah dilakukan. Menariknya, pada aplikasi tersebut sobat bisa melakukan pengaturan sesuai kebutuhan, seperti penyesuaian lokasi server, satuan per second, dan masih banyak lagi.  Tentu, aplikasi Speedtest ini sangat berguna bagi kawan-kawan untuk memantau siklus akses internet di ponsel Android.

Cara Test Speed Internet Di Android

Aplikasi Internet Speed Meter Lite

Ada juga aplikasi lainnya yang bisa digunakan sebagai cara test kecepatan internet di Android, yaitu menggunakan aplikasi berupa Internet Speed Meter Lite. Menariknya, aplikasi test internet yang satu ini sangat ringan. Bahkan, setiap saat informasi terkait kecepatan internet akan muncul pada status bar. Untuk langkah-langkah penggunannya, sebagai berikut:

  1. Langkah awal dari cara test kecepatan internet di Android menggunakan Internet Speed Meter Lite adalah unduh aplikasi Internet Speed Meter Lite di PlayStore.
  2. Jika sudah, maka segera instal aplikasinya ke ponsel Android yang sobat miliki dan buka aplikasinya
  3. Tunggu beberapa saat dan biarkan aplikasi berjalan. Ingat, jangan melakukan aktivitas apapun, terutama yang berkenaan dengan internet. Langkah ini untuk memacu aplikasi agar sanggup mendeteksi kecepatan sejati dari internet pada ponsel Android.
  4. Nah, nantinya pada cara tes kecepatan internet di Android menggunakan Internet Speed Meter Lite beberapa saat setelah aplikasi dijalankan maka status kecepatan internet akan muncul pada status bar.
  5. Di sisi lain, kawan-kawan juga bisa melakukan pengaturan dengan menekan tombol Menu dari ponsel Android sobat dan pilih Preferensi.
  6. Nantinya, pada menu Preferensi ini akan muncul beberapa pengaturan yang bisa dipilih, seperti menampilkan kecepatan download maupun upload, membatasi penggunaan data, dan bisa juga dengan mengubah satuan kecepatan.

Karena cukup mudah maka aplikasi yang bernama Internet Speed Meter Lite ini cukup banyak digunakan sebagai penerapan cara test kecepatan internet di Android. Selain itu, aplikasi yang satu ini juga memiliki keunggulan, seperti untuk memantau penggunaan data seluler dan wifi dalam harian atau bulanan. Selain itu, kawan-kawan juga bisa mengatur untuk membatasi penggunaan data seluler.

Aplikasi Internet Speed Info

Nah, buat teman-teman yang ingin tahu cara test speed internet di Android dengan mudah dan tidak rumit, maka aplikasi Internet Speed Info pun bisa digunakan. Pasalnya, dari segi kinerja dan pengaturannya, aplikasi ini cukup ringan dan cukup mudah diterapkan. Untuk menggunakannya, berikut langkah-langkah yang perlu diterapkan:

  1. Untuk dapat melakukan cara test kecepatan internet di Android menggunakan Internet Speed Info, kawan harus download dulu aplikasi Internet Speed Info dari PlayStore secara gratis alias free. Kemudian, langsung saja instal dengan segera.
  2. Jika sudah maka buka aplikasinya dan diamkan sejenak agar aplikasi melakukan pengecekan kecepatan internet.
  3. Setelah beberapa saat proses pengecekan berjalan maka nantinya akan muncul sebuah ikon baru yang muncul pada notifikasi atas layar smartphone yang kawan miliki. Ikon itulah yang menandakan berapa kecepatan koneksi internet pada ponsel Android sobat. cara test kecepatan internet di Android menggunakan Internet Speed Meter Lite ini memang terbilang yang paling mudah dan cepat.

Dengan hanya perlu 3 langkah untuk dapat melakukannya, tentu cara test kecepatan internet di Android menggunakan Internet Speed Info ini dianggap paling simple dan mudah. Namun, meskipun demikian, dengan menggunakan aplikasi ini maka kecepatan akses internet pun akan sobat ketahui secara langsung setiap detiknya. Bahkan, yang cukup menarik yaitu kawan-kawan pun juga bisa mengetahui berapa jumlah kouta secara keseluruhan yang sudah dihabiskan saat melakukan akses internet.

Cara Test Kecepatan Internet Android

Nah, sampai di sini tentu beberapa cara test kecepatan internet di Android dengan menerapkan beberapa aplikasi di atas bisa kawan pilih mana yang sekiranya cocok dan mudah. Selain itu, dari beberapa aplikasi yang telah dibagikan di atas, aplikasi Speedtest merupakan yang paling banyak digunakan mengingat kinerja pengujian akses internetnya yang cukup akurat dan mudah dipahami. Namun, semua tergantung dari pilihan kawan-kawan. Sekian ulasan mengenai cara test kecepatan internet di Android. Jangan lupa ketahui informasi lainnya mengenai Cara Memutus Koneksi Internet WiFi dan LAN Orang Lain Lewat Komputer dan Cara Cek Kuota 3.

Top