Cara Menghubungkan Miracast pada Smartphone / Tablet dengan Smart TV

Cara Menghubungkan Miracast pada Handphone / Tablet dengan Smart TV – Mungkin banyak dari kawan-kawan yang tidak mengetahui cara menghubungkan Miracast pada smartphone / tablet dengan Smart TV. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa teknologi Miracast ini merupakan teknologi yang fungsinya sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh dengan fungsi sebuah laptop yang sudah terhubung dengan proyektor sehingga apapun yang ada pada layar laptop akan diproyeksikan ke layar dengan tampilan lebih besar dan maksimal. Secara fungsi, teknologi Miracast pun memiliki kesamaan, yaitu menampilkan apapun yang ada di layar perangkat ke layar pada perangkat lain, misalnya saja menghubungkan Miracast pada HP / tablet dengan Smart TV. Apa yang akan ditampilkan pada layar smart TV merupakan proyeksi langsung dari tampilan layar smartphone yang kawan-kawan gunakan. Jika kawan-kawan sedang melakukan browsing internet dengan menggunakan smartphone, maka layar TV pun akan menampilkan apa yang smartphone sedang kerjakan. Karena memiliki fungsi seperti cermin, maka tak heran jika Miracast disebut sebagai Screen mirroring, misalnya dengan bantuan kabel HDMI sehingga Miracast juga populer dengan sebutan “Wireless HDMI”. Nah, lantas bagaimana sih cara menghubungkan Miracast pada smartphone / tablet dengan Smart TV?

Cara Menghubungkan Miracast Pada Smartphone Tablet Dengan Smart TV

Menghubungkan Miracast pada handphone / tablet dengan Smart TV memang penting untuk diketahui sebab Miracast ini merupakan sebuah standar teknologi koneksi secara nirkabel yang memungkinkan isi tampilan layar pada suatu perangkat diperlihatkan pada layar perangkat yang lain. Standar ini bahkan sudah ditetapkan oleh Wi-Fi Alliance yang merujuk pada spesifikasi Wireless Display. Secara kinerja Wi-Fi dan Miracast memakai teknologi yang sama, namun teknologi yang digunakan oleh Miracast ini berjenis Wi-Fi Direct sehingga kedua perangkat bisa dihubungkan secara langsung tanpa harus memakai bantuan perantara. Meski begitu, menghubungkan Miracast pada smartphone / tablet dengan Smart TV kemungkinan bisa berbeda dari satu perangkat ke perangkat lainnya bergantung pada jenis dan merek dari perangkat tersebut. Beberapa smart TV pun sudah tersedia dengan fitur Miracast untuk lebih mempermudah koneksi dengan menggunakan teknologi ini. Jika kawan-kawan tertarik untuk membeli smart TV yang sudah dilengkapi dengan fitur ini pastikan jika TV tersebut sudah memiliki “Miracast certified”. Nah, kali ini Begawei akan memberikan informasi tentang beberapa cara menghubungkan Miracast pada HP / tablet dengan Smart TV sesuai dengan merek perangkatnya.

Cara Menghubungkan Miracast Pada Smartphone Dengan Smart TV

Cara Setting Miracast pada Smart TV

Berikut ini merupakan cara setting Miracast pada Smart TV berdasarkan mereknya:

LG Smart TV

  1. Langkah pertama dari cara setting Miracast pada Smart TV LG adalah ambil remote control LG Smart TV dan tekan tombol Home.
  2. Langkah menghubungkan Miracast pada smartphone atau tablet dengan Smart TV pada perangkat ini yang selanjutnya adalah dengan memilih opsi Network.
  3. Lalu, klik pada opsi Miracast dan aktifkan atau pindahkan posisinya ke “ON”.
  4. Setelah itu, secara otomatis smart TV akan melakukan scan. Oleh sebab itu, segera aktifkan fitur Miracast pada smartphone atau tablet yang akan disambungkan pada smart TV.

Samsung Smart TV

  1. Jika kawan-kawan menggunakan Smart TV dari Samsung, langkah awal cara setting Miracast pada Smart TV Samsung ini adalah dengan menekan tombol source pada remote control.
  2. Kemudian langkah yang berikutnya adalah memilih opsi Screen Mirroring.
  3. Setelah tahap ini, smart TV akan melakukan scan pada perangkat lain untuk kebutuhan koneksi. Proses scan yang dilakukan oleh smart TV ini biasanya akan berlangsung sekitar 2 menit. Pastikan kawan-kawan sesegera mungkin mengaktifkan fitur Miracast pada smartphone atau tablet sebelum proses scan yang hanya dua menit ini berhenti.

Sony Bravia Smart TV

  1. cara menghubungkan Miracast pada smartphone / tablet dengan Smart TV dengan merek Sony biasanya diawali dengan menekan tombol INPUT pada remote control.
  2. Pakailah tombol naik turun untuk memilih opsi Screen Mirroring dan lanjutkan dengan menekan tombol OK.
  3. Setelah langkah cara setting Miracast pada Smart TV tersebut selesai dilakukan, smart TV biasanya akan berada pada posisi stand-by dan menunggu untuk dikoneksikan dengan perangkat lain seperti smartphone dan tablet.

Cara setting Miracast pada Smart TV memang cukup mudah untuk dilakukan karena hanya terdiri dari beberapa langkah saja. Bahkan, prosesnya pun bisa dibantu dengan penggunaan remote control. Meskipun opsi yang harus dipilih untuk menghubungkan Miracast pada smart TV yang satu berbeda dengan smart TV yang lain, namun langkah-langkahnya hampir mirip. Nah, pada penjelasan selanjutnya kawan-kawan akan mengetahui cara menghubungkan Miracast pada handphone / tablet dengan Smart TV.

Cara Menghubungkan Miracast Pada Handphone Dengan Smart TV

Cara Menghubungkan Miracast pada Smartphone atau Tablet dengan Smart TV

Berikut ini merupakan tahapan cara menghubungkan Miracast pada HP / tablet dengan Smart TV sesuai dengan masing-masing mereknya:

ASUS Zenfone

  1. Langkah yang pertama dari menghubungkan Miracast pada smartphone / tablet dengan Smart TV pada ASUS Zenfone ini adalah dengan masuk ke menu Setting
  2. Kemudian, masuklah ke bagian Wireless and Network dan klik opsi More…
  3. Lanjutkan dengan mengklik “Play to”
  4. Setelah itu akan muncul jendela “Select Device” yang akan menampilkan nama smart TV yang digunakan, klik saja pada namanya dan kedua perangkat pun akan terkoneksi.

Blackberry Z30

  1. Pertama, kawan-kawan bisa masuk ke menu Setting, pilih opsi Display dan klik pada Share screen.
  2. Tunggu beberapa saat hingga nama smart TV yang akan digunakan dan klik pada nama tersebut.
  3. Selain itu menghubungkan Miracast pada handphone / tablet dengan Smart TV pada Blackberry Z30 juga bisa dilakukan dengan masuk ke menu Setting, pilih opsi Network and Connections, lalu pilih Wi-Fi.
  4. Aktifkan dulu Wi-Fi jika sebelumnya dalam posisi OFF.
  5. Pilih opsi Miracast dan klik Share screen dan tunggu hingga nama smart TV muncul lalu tinggal klik.

HTC One

  1. Untuk menghubungkan Miracast pada smartphone / tablet dengan Smart TV di smartphone HTC One kawan harus masuk ke menu Setting terlebih dahulu dan klik opsi More … pada bagian Wireless and Network, lalu lanjutkan dengan mengklik Media Output.
  2. Setelah itu nama smart TV akan ditampilkan dan klik saja pada koneksi dengan smart TV.

Lenovo

  1. Awali langkah dengan membuka menu Setting, kemudian pada bagian Device klik Display dan pilih opsi Wireless Display.
  2. Pindahkan tombol di bagian kanan Wireless Display ke posisi ON untuk mengaktifkan fitur Miracast.
  3. Tunggu beberapa saat hingga bagian Device list menampilkan nama smart TV, lalu klik pada nama smart TV tersebut.

LG Optimus

  1. Tak berbeda dengan smartphone yang sebelumnya, menghubungkan Miracast pada smartphone atau tablet dengan Smart TV di LG Optimus juga diawali dengan masuk terlebih dahulu ke menu Setting pada smartphone yang digunakan. Kemudian klik More… pada bagian Wireless and Network.
  2. Klik pada opsi Miracast dan tunggu beberapa saat hingga nama smart TV muncul dan klik pada nama tersebut.

Nexus

  1. Masuk terlebih dahulu ke menu Setting
  2. Pada bagian device, pilih Display dan Klik opsi Cast Screen
  3. Setelah itu, klik More pada pilihan menu
  4. Aktifkan opsi “Enable wireless display dengan mengklik kotak di sebelahnya
  5. Tunggu beberapa saat hingga nama smart TV muncul dan klik pada nama tersebut

Samsung Galaxy

  1. Untuk menghubungkan Miracast pada handphone / tablet dengan Smart TV di smartphone Samsung Galaxy kawan harus membuka menu setting, lalu pada bagian Wireless and Networks pilih opsi More Settings dan lanjutkan dengan memilih opsi Allshare Cast.
  2. Pada bagian Connect and Share, pilihlah opsi Screen Mirroring.
  3. Biasanya nama smart TV akan muncul di dalam daftar. Klik pada nama smart TV yang akan dikoneksikan
  4. Jika koneksi sukses, maka tampilan smartphone akan muncul di layar TV

SONY Xperia (Android 4.4)

  1. Dari home screen, kawan-kawan harus menuju menu Settings kemudian klik Xperia Connectivity, pilih Screen Mirroring, klik Start dan pilih OK.
  2. Pilih nama smart TV yang akan dikoneksikan.
  3. Menghubungkan Miracast pada smartphone atau tablet dengan Smart TV menggunakan Sony Experia mengharuskan registrasi terlebih dahulu untuk menghindari koneksi dengan perangkat lain yang tidak diinginkan. Caranya adalah dengan klik tombol OPTIONS, pilih Registration Notification dan klik ON.
  4. Dengan mengaktifkan tombol registrasi ini, maka notifikasi akan dikirimkan jika ada permintaan koneksi sehingga kawan-kawan bisa menerima atau menolaknya.

Vandroid E1C+

  1. Buka menu Setting pada smartphone. Lalu, klik Display pada bagian Devices dan pilih opsi Wireless Display.
  2. Untuk mengaktifkan fitur ini, klik pada tombol yang ada di sebelah kanan Wireless Display.
  3. Tunggu hingga bagian pairing Device memperlihatkan nama smart TV dan klik pada nama tersebut.

Xioami

  1. Setelah masuk ke menu setting, klik opsi More…
  2. Klik pada opsi Wireless Display dan aktifkan fitur ini dengan memindahkan tombol ke posisi ON pada halaman Wireless Display.
  3. Tunggu hingga nama smart TV muncul dan klik nama tersebut untuk mengkoneksikannya.

iPhone

Untuk menghubungkan Miracast pada smartphone / tablet dengan Smart TV pada produk buatan Apple seperti iPhone maupun iPad, kawan-kawan memerlukan AirPlay dan set top box atau adapter yang support AirPlay pada Apple TV. Produk-produk buatan Apple memang tidak didukung fitur Miracast sehingga untuk bisa melakukan koneksi Miracast ini memerlukan bantuan alat tambahan untuk menghubungkan smartphone / tablet dengan smart TV.

Di atas merupakan sejumlah contoh menghubungkan Miracast pada HP / tablet dengan Smart TV sesuai dengan merek masing-masing smartphone. Meskipun caranya berbeda-beda, namun yang perlu kawan-kawan perhatikan adalah biasanya akan terjadi jeda atau sedikit keterlambatan pada koneksi Miracast dalam menampilkan isi layar smartphone ke smart TV terlebih jika yang ditampilkan adalah game dengan gerakan yang banyak dan cepat. Selain itu, menghubungkan Miracast pada smartphone atau tablet dengan Smart TV setiap merek akan memiliki perbedaan waktu dan prosesnya.

Cara Menghubungkan Miracast Pada HP Dengan Smart TV

Ternyata menghubungkan smartphone ke smart TV dengan menggunakan teknologi Miracast cukup bervariasi, ya? Meski begitu kawan-kawan tak perlu pusing sebab apabila setiap langkah yang telah Begawei jelaskan di atas dipraktikkan dengan benar, maka smartphone akan sukses tersambung dengan smart TV melalui fitur Miracast. Sekian dulu ya artikel tentang menghubungkan Miracast pada smartphone / tablet dengan Smart TV dari Begawei kali ini. Jangan lupa baca juga mengenai Cara Mirror Android ke PC Via Wifi dan Cara Mirror PC Windows dengan Wireless Display.

Top