Cara Mengetahui Versi Android HP Kamu

Cara Mengetahui Versi Android – Android memang sudah sangat umum terdengar di telinga masyarakat umum. Namun ada kalanya kita perlu mencari informasi tentang cara mengetahui versi android sebab terkadang kita lupa atau bingung versi Android yang mana yang ada pada perangkat yang kita gunakan. Android sendiri sebenarnya merupakan satu paket software yang mencakup software sistem operasi, software penghubung antara sistem operasi atau database dengan aplikasi tertentu dan sejumlah aplikasi utama. Android yang dibuat oleh Google ini memakai bahasa pemrograman open source Linux kernel sebagai pengembang induknya yang dipadukan dengan OHA (Open Handset Alliance) dalam peluncurannya. Cara mengetahui versi Android ini sangat penting diketahui untuk kawan-kawan yang merupakan penggunanya. Meskipun saat ini hampir semua orang sudah memiliki ponsel dengan sistem operasi ini, namun Android ini bisa dikatakan sebagai sistem operasi yang tergolong baru untuk smartphone dan tablet jika dibandingkan dengan para rivalnya seperti iOS, Windows, Blackberry, Symbian dan jenis sistem operasi lainnya yang sudah lebih dulu ada. Tak heran jika masih banyak pengguna perangkat berbasis sistem operasi ini yang hanya mengetahui cara memakainya saja dan belum terlalu familiar dengan cara mengetahui versi Android.

Cara Mengetahui Versi Android

Sejak pertama kali dirilis, sistem operasi ini memang cukup unik. Pasalnya, Android telah mempunyai banyak versi dengan fiturnya masing-masing. Selain itu, banyak yang tertarik untuk mencoba cara mengetahui versi Android sebab sistem operasi tersebut memiliki nama-nama unik yang identik dengan kudapan manis. Bahkan nama-nama versi Android ini terlihat tidak memiliki hubungan sama sekali dengan karakter robot hijau yang menjadi ciri khasnya. Sebut saja Apple Pie, Banana Bread, Cupcake, Gingerbread, seterusnya hingga versi yang paling baru adalah Nougat. Tak hanya namanya saja yang unik, tetapi urutan nama-namanya pun memiliki daya tarik tersendiri. Hal ini karena nama-nama versi Android tersebut dari versi yang pertama hingga yang paling baru diurutkan sesuai dengan abjad sehingga lebih mudah untuk diingat. Meskipun tidak ada keharusan bagi para pengguna Android untuk menghafal nama dari masing-masing versi Android, namun cara mengetahui versi Android juga bisa bermanfaat untuk mengetahui spesifikasi lebih dalam dari perangkat yang kita gunakan. Dengan begitu kita memiliki gambaran tentang kinerja yang akan ditawarkannya. Selain itu, dengan mengetahui versi Android yang kita pakai, juga akan mempermudah dalam memasang aplikasi yang pas dan support pada versi Android yang kita pakai. Nah, bagi kawan-kawan yang belum mengetahui caranya, kali ini Begawei akan membagikan sedikit tips tentang cara mengetahui versi Android di bawah ini.

Cara Mengetahui Versi Android HP

Cara Mengetahui Versi Android

Berikut ini adalah langkah-langkah cara mengetahui versi Android:

  1. Langkah pertama cara mengetahui versi Android, kamu bisa masuk ke menu “Setting” yang ada pada perangkat Android yang digunakan.
  2. Selanjutnya, pada bagian system, carilah opsi “About device/About phone”
  3. Setelah melakukan langkah di atas, biasanya akan muncul sederet angka yang ada pada bagian “Android Version”, sebagai contohnya 4.2.2 atau 4.4.2. Angka-angka inilah yang menunjukkan versi Android yang ada di perangkat yang kawan-kawan gunakan.
  4. Cara mengetahui versi Android yang berikutnya adalah dengan mengetuk atau mengklik bagian tulisan Android version selama beberapa kali dengan agak cepat. Langkah ini akan membantu kamu untuk melihat atau mengetahui lebih detail tentang nama dari versi Android tersebut. Kecepatan ketukan yang dilakukan pada langkah ini bisa diibaratkan seperti orang yang mengetuk pintu saat sedang tergesa-gesa. Jika masih belum berhasil, coba lagi dengan ketukan yang lebih cepat hingga sebuah animasi ditampilkan pada layar perangkat untuk menunjukkan versi Android yang dipakai.

Itulah cara mengetahui versi Android pada smartphone atau tablet yang digunakan. Caranya sangat mudah, bukan? Bahkan untuk mengetahui versi Android yang dipakai, kawan-kawan bisa melakukannya secara langsung melalui perangkat Android tersebut tanpa harus menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Lalu, seperti apa tampilan animasi yang terlihat pada layar ketika kita melakukan cara mengetahui versi Android.

Cara Mengetahui Versi Android Dengan Mudah

Cara Mengetahui Versi Android Berdasarkan Animasi

Setelah melalui langkah-langkah di atas, berikut cara mengetahui versi Android berdasarkan animasi yang ditampilkan:

  1. Apabila dengan cara mengetahui versi Android melalui ketukan cepat pada bagian Android version yang kawan-kawan lakukan pada tahap sebelumnya benar dilakukan, maka setelah itu akan muncul animasi pada layar perangkat yang digunakan.
  2. Jika kawan mengecek versi Android pada tablet, biasanya akan langsung muncul karakter lucu yang identik dengan nama Android yang dipakai. Misalnya saja untuk tablet yang menggunakan Android Jelly Bean versi 4.2.2 maka akan muncul karakter kacang berwarna merah lucu dengan tulisan Android 4.2.2 Jelly Bean di bawahnya.
  3. Sedangkan untuk cara mengetahui versi Android berdasarkan animasi di smartphone, hasil yang ditampilkan adalah gambar dan nama versi Android tersebut. Contohnya, smartphone dengan Android Kitkat akan menampilkan animasi huruf besar yang berputar-putar untuk menunjukkan nama Kitkat dan kemudian diikuti dengan gambar yang menyerupai bungkus makanan coklat dari Nestle.

Animasi yang muncul di layar perangkat Android merupakan hal yang paling mudah diketahui dari cara mengetahui versi Android. Animasi yang ditampilkan pada layar tentu saja berbeda-beda tergantung pada versi Android yang digunakan. Namun yang pasti bahwa animasi tersebut menjadi simbol dari nama versi Android yang ada pada perangkat kawan semua.

Cara Mengetahui Versi Android Handphone

Mengetahui versi Android ternyata sangat mudah, bukan? Sekarang kawan-kawan tak perlu kebingungan lagi jika sewaktu-waktu ditanya tentang versi Android pada perangkat yang digunakan. Tinggal ikuti saja langkah-langkah yang telah Begawei paparkan di atas dan versi Android pun bisa dilihat dengan mudah. Demikianlah tips dari Begawei tentang cara mengetahui versi Android yang bisa dijelaskan pada kesempatan ini. Jangan lupa baca juga mengenai Cara Mirror Android ke PC Via Wifi dan Cara Melacak HP Android yang Hilang Tanpa Aplikasi.

Top