Benarkah Fitur Anti-air Pada 24 Sony Xperia Palsu?

Sony Diduga Palsukan Fitur Anti-air Pada 24 Xperia – Sony beberapa waktu yang lalu digugat oleh perwakilan kelompok (class action) terkait dengan masalah fitur anti-air yang diaplikasikan pada smartphone seri Xperia miliknya. Vendor asal Jepang ini pun harus menelan kekalahan dan sebagai akibatnya pihak Sony harus membayar ganti rugi pada para konsumen yang telah membeli produknya.

Sony Diduga Palsukan Fitur Anti Air Pada 24 Xperia

Gugatan ini terjadi di sebuah pengadilan federal yang terletak di New York, Amerika Serikat. Di dalam gugatan tersebut tercantum 24 tipe smartphone serta tablet Xperia yang dianggap bermasalah pada fitur anti-air yang dibawanya.

24 tipe smartphone yang masuk dalam gugatan itu pada iklan disebutkan oleh Sony sebagai perangkat yang anti air. Namun, para penggugat mengatakan jika iklan yang dikeluarkan oleh Sony tersebut keliru. Pasalnya, perangkat Xperia yang dipasarkan tidak sesuai dengan apa yang ditampilkan pada iklan tersebut.

Penggugat yang juga mengatasnamakan gugatannya untuk konsumen mengatakan jika Sony hanya memanfaatkan peringkat yang diperolehnya untuk sertifikasi ketahanan air internasional. Sony kemudian menggunakan sertifikasi tersebut sebagai alat promosi palsu mereka. Dampaknya adalah produk yang oleh Sony diklaim tahan air itu ternyata tidak bisa digunakan di bawah air.

Karena Sony akhirnya kalah dalam gugatan tersebut, maka sebagai konsekuensinya perusahaan harus mengembalikan sekitar 50 persen dari harga yang sudah dibayarkan kepada para konsumen yang telah membeli smartphone apabila perangkat tersebut masuk dalam 24 tipe Xperia yang bermasalah.

Tak hanya itu, pengadilan juga memutuskan Sony untuk memperpanjang garansi perbaikan sehubungan dengan masalah yang muncul ketika terjadi kerusakan perangkat karena terkena air. Keputusan ini tampaknya dibuat agar Sony bertanggung jawab atas klaim yang dibuatnya bahwa serangkaian tipe Xperia yang dibuatnya merupakan perangkat tahan air.

Karena gugatan ini hanya terjadi di Amerika Serikat, maka konsumen Xperia di daerah setempat aja yang berhak atas sejumlah pembayaran dari pihak Sony sebagai ganti rugi dan pembelian perangkatnya. Di antara 24 tipe Xperia yang masuk dalam gugatan adalah Xperia Z Ultra, Xperia Z5 Compact, dan Xperia Z4 Tablet.

Top