Android “Murni” Bakal Jadi OS Semua Android Baru Lenovo

Semua Android Baru Lenovo Bakal Gunakan OS Android “Murni” – Lenovo tidak akan lagi memakai user interface buatannya sendiri, Vibe Pure UI di smartphone Android besutan mereka. Untuk menggantikannya, seluruh smartphone yang dibuat perusahaan Tiongkok tersebut ke depannya akan mengandalkan Android “Murni” atau stock Android sebagai sistem operasinya.

Semua Android Baru Lenovo Bakal Gunakan Os Android Murni

Hampir semua produsen smartphone berbasis Android saat ini memang memakai user interface buatan mereka sendiri. Selain tampilan, masing-masing produsen pada umumnya akan menambahkan berbagai fitur dan aplikasi lain sehingga OS tersebut akan menjadi Android “custom”.

Sementara itu, Android “murni” atau stock adalah OS buatan Google yang hadir tanpa tambahan modifikasi dari para pengembang Android. OS Android “murni” biasanya dipakai oleh smartphone rancangan Google sendiri, seperti Pixel.

Lalu, sebenarnya apa yang menjadi alasan Lenovo untuk beralih memakai Android murni? Head of Marketing Lenovo India, Anuj Sharma, mengatakan jika keputusan pihak Lenovo untuk memakai Android Stock adalah karena adanya permintaan dari konsumen Lenovo sendiri.

Menurut Sharma, pengguna lebih menyukai Android murni dibandingkan dengan Vibe Pure UI yang selama ini mempermanis tampilan layar smartphone Lenovo.

Tak hanya itu, dengan digunakannya Android Stock ini memungkinkan Lenovo untuk memperbarui OS secara lebih cepat ke Android O ketika nanti sudah resmi diluncurkan.

Produsen smartphone kerap kali memang memerlukan waktu yang lebih lama untuk mendistribusikan versi Android terbaru ke perangkat-perangkat mereka yang sudah beredar. Produsen biasanya harus mengidentifikasi terlebih dahulu apakah Android versi terbaru tersebut sesuai dengan tampilan antarmuka yang dibuatnya atau tidak.

Lenovo sendiri kabarnya akan mulai merealisasikan rencana untuk menggunakan Android murni itu pertama kalinya pada perangkat Lenovo K8 Note.

Penggunaan Android murni ini memang bukan sesuatu hal yang baru di industri smartphone sebab beberapa produsen juga pernah melakukannya. Bahkan langkah Lenovo untuk beralih pada Android murni terbilang mirip dengan apa yang sebelumnya telah dilakukan oleh Motorola, anak usaha dari Lenovo. Semua perangkat Motorola berbasis Android kini telah memakai Android murni.

Top