Alibaba Guyur Tokopedia Rp 14 Triliun

Kerjasama Alibaba dan Tokopedia – Tokopedia merupakan salah satu marketplace yang cukup ternama di Indonesia. Baru-baru ini marketplace yang memiliki warna khas hijau tersebut baru saja digelontori dana sebesar Rp 14 Triliun dari raksasa ecommerce asal China yakni Alibaba. Dengan dana sebesar itu, Tokopedia tentu ingin membuat sebuah rencana besar untuk semakin membuatnya terdepan di Indonesia.

Kerjasama Alibaba Dan Tokopedia

Dalam ulang tahunnya yang ke 8 pada tanggal 17 Agustus 2017 kemarin, CEO dari Tokopedia William Tanuwijaya mengungkap rencana besarnya dengan dana yang diberikan oleh raksasa ecommerce China tersebut. Dirinya mengungkapkan jika dana tersebut nantinya akan digunakan untuk mengakselerasi pertumbuhannnya dengan cara membangun pusat riset terbesar di kawasan Asia Tenggara. “Kami berencana mendatangkan orang-orang terbaik guna membantu eksekusi rencana ini,” ujarnya.

Selain itu, William juga mengungkapkan komitmen investasi Alibaba di Tokopedia didepan ribuan tamu undangan dalam perayaan ulang tahun yang ke 8 Tokopedia tersebut. Alibaba sebagai raksasa ecommerce asal China ini memang menggelontorkan dana yang fantastis untuk Tokopedia. Namun, meskipun demikian hal tersebut hanya menjadikan Alibaba sebagai pemegang saham minoritas di Tokopedia. “Hari ini kami menyambut baik Alibaba sebagai salah satu pemegang saham di Tokopedia dan kami percaya bahwa kemitraan ini akan mempercepat terwujudnya misi kami dalam menggerakkan pemerataan ekonomi secara digital,” tuturnya.

Dengan masuknya Alibaba ke Tokopedia, tentu akan membuatnya semakin percaya diri untuk bersaing dengan Bukalapak yang memang menjadi saingan utamanya di bisnis marketplace di Indonesia. Bahkan saat ini berdasarkan data AppAnnie, menyatakan bahwa Tokopedia menjadi aplikasi jual beli online terdepan di Indonesia. Selain itu, Tokopedia juga menjadi situs web yang paling sering dikunjungi berdasarkan data dari SimilarWeb.

Tokopedia yang didirikan sejak 2009 ini memang menjadi salah satu plaform yang banyak digunakan para UMKM untuk dapat memasarkan produk buatannya. Bahkan tidak sedikit UMKM yang mampu mengembangkan bisnisnya menjadi besar berkat Tokopedia. Hal tersebut tentu tidak lepas dari berbagai kemudahan yang ditawarkan pada Tokopedia mulai dari keamanan transaksi dan jaminan kualitas.

Top