Alasan Google Memakai Nama Oreo Untuk Android “O”

Alasan Android Pakai Nama Oreo – Google telah resmi mengumumkan versi terbaru sistem operasi andalannya dengan nama Android Oreo. Meskipun hal tersebut telah lama diperbincangkan dan sudah banyak yang menduganya, namun penggunaan nama Oreo pada nama Android terbaru ini tentu tetap menarik untuk dibahas. Oreo merupakan sebuah merek biskuit coklat berisikan krim vanilla dengan bentuk lingkaran dipadankan ukiran yang khas. Oreo sendiri merupakan merek lisensi Nabisco dan diproduksi oleh perusahaan camilan Mondelez. Terkait dengan penggunaan merek dagang biskuit tersebut oleh Google, disebut hanya berupa kerjasama branding saja.

Alasan Android Pakai Nama Oreo

Namun, pemilihan Oreo menjadi nama dari versi Android terbaru tersebut rupanya juga bukan tanpa alasan. Memang jika melihat nama-nama yang digunakan oleh Android sebagai nama sistem operasinya selalu merupakan kudapan manis dengan huruf awalan yang sesuai dengan versi Android tersebut. Namun, jika menilik huruf O yang menjadi kunci pemilihan nama Android terbaru tersebut sebenarnya cukup banyak kudapan manis yang berawalan O.

Sagar Kamdar selaku Director Product management Android di Google pun akhirnya mengungkap salah satu alasan mengapa pihaknya menggunakan Oreo sebagai nama dari versi terbaru Android tersebut. Menurutnya, saat mengembangkan Android 8.0 ini, banyak enginer Google yang menjadikan Oreo sebagai “teman” saat lembur. “Di microkitchen Google, ada Oreo. Teknisi kami selalu ngemil Oreo dengan susu,” ungkap Kamdar.

Sebelumnya, jika menilik pada nama versi Android sebelumnya Google sendiri juga menggunakan nama kudapan manis untuk sistem operasinya tersebut. Nougat yang merupakan camilan manis yang dibuat dengan gula atau madu, ditambah kacang atau buah-buahan kering dipilih sebagai nama “pasar” dari Android v.7.0 yang meluncur tahun lalu. Bahkan sebelum Nougat pun, Android diketahui menggunakan beberapa nama cemilan seperti Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat, Lollipop, Marshmallow sebagai nama “pasar” dari versi sistem operasinya dari waktu ke waktu.

Kini, setelah peluncuran Android O yang akhirnya menggunakan nama Oreo banyak warga net yang mencoba menebak-nebak nama selanjutnya dari versi Android mendatang. Tentu saja jika melihat alphabet yang akan digunakan, versi Android selanjutnya akan membawa kode Android P. Nah, kira-kira camilan apalagi yang akan digunakan Google untuk nama selanjutnya dari sistem operasi tersebut ya?

Top