Tao Cafe, Supermarket Tanpa Kasir Milik Raksasa E-commerce Alibaba

Alibaba Membuka Supermarket Otomatis – Alibaba merupakan salah satu e-commerce yang paling besar di dunia. Bahkan e-commerce asal China tersebut telah membuat pemiliknya menjadi orang terkaya di Negeri Tirai Bambu tersebut. sebagai e-commerce terbesar, Alibaba nampaknya kembali menunjukan gebrakannya dengan membuka sebuah supermarket serba otomatis tanpa kasir yang dinamai Tao Cafe. Hal tersebut tentu menjadi sebuah inovasi tersendiri di dunia retail supermarket.

Alibaba Membuka Supermarket Otomatis

Untuk dapat berbelanja di Tau Café ini pengunjung memang tidak membutuhkan uang tunai, konsumen hanya perlu terdaftar sebagai pengguna Alipay yang merupakan sistem pembayaran non tunai milik Alibaba. Dengan menggunakan Alipay ini konsumen dapat melakukan transaksi di supermarket canggih ini. Tak hanya itu saja, konsumen juga harus menginstall aplikasi Taobao yang nantinya terdapat sebuah QR code yang akan di scan ketika konsumen masuk ke supermarket.

Yang menarik adalah, sistem di supermarket canggih milik Alibaba ini mampu mengenali barang apa saja yang diambil oleh konsumen dan akan langsung memotong saldo di Alipay milik pengguna tersebut. Hal ini tentu sangat menarik untuk diketahui, meskipun hingga saat ini Alibaba tidak mengungkap sistem ini. Namun, menurut info yang Begawei lansir dari inet.detik.com, Tao Café ini sepertinya dipasangi banyak sensor yang tersebut di berbagai sudut toko. Hal tersebut sebenarnya juga telah dilakukan Amazon ketika e-commerce tersebut berniat membuka toko fisik miliknya.

Tak hanya itu saja, sistem di Tao Café ini juga mampu mendeteksi jika ada pengunjung yang berusaha untuk menyembunyikan barang yang ada di supermarket. Sistem akan tetap dapat mendeteksi dan memotong saldo pengunjung meskipun berusaha menyembunyikan barang yang diambil. Sistem pemotongan saldo secara instan ini pula yang membuat Tao café ini tidak membutuhkan kasir. Dengan sistem tersebut Alibaba juga meyakini dapat menghilangkan antrean pembayaran yang terkadang menjadi keluhan saat di supermarket.

Di Tao Café ini pengunjung juga dapat menikmati foodcourt yang juga menggunakan sistem pembayaran otomoatis menggunakan Alipay. Namun, pada sistem di foodcourt ini saldo tidak akan otomatis terpotong hingga pengunjung melakukan pembayaran. “Ini adalah (daftar) makanan yang telah diambil. Anda yakin ingin bayar?,” demikian suara otomatis yang akan terdengar bila pengunjung sudah siap-siap melakukan pembayaran. Ketika pengunjung memilih tombol ‘Iya’, maka sistem secara otomatis akan memotong saldo Alipay pengunjung. Meskipun saat ini keberadaanya masih berstatus konsep, namun Alibaba disebut sedang berusaha mewujudkan tao Café ini menjadi supermarket resmi di masa mendatang.

Top