RIP Microsoft Paint

Microsoft Paint Tidak Didukung Windows 10 Update – Untuk kawan-kawan yang pernah menggunakan sistem operasi Windows 98, XP, ataupun vista tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Microsoft Paint. Microsoft Paint merupakan sebuah aplikasi bawaan pada beberapa sistem operasi Windows yang memiliki fungsi untuk menggambar doodle atau mewarnai.

Microsoft Paint Tidak Didukung Windows 10 Update

Jika berbicara mengenai kecanggihan, aplikasi grafis yang satu ini memang kalah jauh jika dibandingkan dengan Corel Draw atau aplikasi grafis lainnya. Namun jika berbicara mengenai kegunaan, pada jamannya Microsoft Paint ini sangat berguna dan sangat bermanfaat. Namun, rupanya baru-baru ini kabar menyedihkan justru diungkapkan oleh Microsoft yang tidak akan melanjutkan Microsoft Paint untuk sistem operasi terbarunya.

Menurut informasi yang dimuat di Gizmodo, Selasa (25/7/2017), aplikasi tersebut akan masuk ke dalam status deprecated (tak lagi berlaku) seiring dengan pembaruan software Windows 10 berikutnya. Walau perusahaan teknologi yang berbasis di Redmond, AS mengklaim Microsoft Pain tak lagi didukung dan dihapus. Belum bisa dipastikan apakah Microsoft akan menggulirkan Paint versi baru dalam pembaruan Windows 10 Fall Creators Update.

Untuk diketahui, aplikasi ini sendiri meluncur pertama kalinya pada tahun 1985 pada Windows 1.0. hingga kini, Microsoft Paunt disebut memiliki 100 juta pengguna aktif setiap bulannya. Fungsi utamanya yang biasa dimanfaatkan pengguna yakni menggambar dan mewarnai membuatnya sering digunakan untuk belajar anak kecil. Microsoft Paint juga memiliki beberapa fitur lainnya seperti crop dan resize image.

Karena keterbatasan fitur yang dimilikinya, saat ini memang pengguna Microsoft Paint ini terbilang menurun. Hal ini juga tak lepas dari banyaknya aplikasi grafis lain yang lebih canggih seperti Corel Drawa atau bahkan aplikasi – aplikasi grafis lain di smartphone yang sangat mudah untuk digunakan.

Terkait dengan pembaruan Microsoft Wondows 10, rupanya sistem operasi tersebut juga tidak hanya akan menghapus Paint saja, namun kabarnya beberapa aplikasi lain juga tidak akan bisa diakses lagi. Aplikasi-aplikasi tersebut diantaranya adalah Outlook Express, serta Microsoft Reader dan Reading List, yang mana akan terintegrasi dengan browser Microsoft Edge.

Top