Ponsel Tanpa Baterai Mulai Dikembangkan Para Ilmuwan

Ponsel Tanpa Baterai – Perkembangan dunia teknologi khususnya smartphone yang kian hari semakin pesat, mendorong beberapa ilmuwan di dunia untuk terus melakukan inovasi. Baru-baru ini para ilmuwan dari University of Washington, AS melakukan sebuah penelitian untuk menciptakan ponsel tanpa baterai. Meskipun keberadaannya masih sebatas prototipe, namun hasil dari penelitian tersebut tentu cukup menjadi sebuah angin segar bagi dunia teknologi.

Ponsel Tanpa Baterai

Dilansir dari Slashgear, ponsel yang masih berupa papan sirkuit dan tombol nomor ini disebut-sebut hanya memiliki konsumsi daya sebesar 3,5 microwatt. Meskipun, tanpa menggunakan batera =I sebagai supai dayanya, namun rupanya ponsel ini tetpa memiliki suplai daya dari sel surya yang ukurannya tak lebih besar dari sebutir beras. Sel surya tersebut mengumpulkan cahaya dan mengubahnya menjadi daya listrik yang digunakan sebagai suplai daya dari perangkat ini.

Selain itu, ponsel ini mendapatkan sinyal dari BTS yang dibuat khusus yang jaraknya sekitar 15 meter. Untuk mensiasati tingginya konsumsi daya dari konversi audio analog menjadi digital, ponsel ini menggunakan mikrofon dan speaker yang memiliki getaran kecil untuk dapat mengubah sinyal masuk dan keluar.

Peneliti yang memaparkan hasil laporan tersebut, Vamsi Tall mengatakan, teknologi base station yang mereka kembangkan, meski masih merupakan prototipe awal, namun dengan keberhasilan dari penelitian ini menjadi sebuah angin segar yang membuka kemungkinan akan teknologi ponsel tanpa baterai di masa mendatang. “Anda bisa membayangkan di masa depan bahwa semua menara sel atau router Wi-Fi bisa hadir dengan teknologi base station kami yang tertanam di dalamnya. Dan jika setiap rumah memiliki router Wi-Fi di dalamnya, Anda bisa mendapatkan cakupan ponsel tanpa baterai di mana-mana,” ungkap Vamsi Tall salah seorang peneliti.

Kedepannya, ponsel prototipe ini akan terus dikembangkan hingga dapat mencapai dan terwujud sebuah ponsel tanpa baterai yang sempurna. Selain itu, nantinya BTS-BTS khusus dari ponsel tanpa baterai ini juga diharapkan dapat dipasang pada BTS operator seluler atau router WiFi sehingga membuat jangkauan jaringannya akan semakin luas.

Top