Perketat Akses Internet, China Blokir WhatsApp

Pengguna WhatsApp di China Alami Hambatan Akses – Pemerintah China rupanya sedang getol memperketat kendali terhadap akses internet warga negaranya. Target pengetatan akses yang dilakukan pemerintah kali ini adalah layanan pesan singkat WhatsApp, yang notabene juga merupakan produk utama dari Facebook.

Pengguna Whatsapp Di China Alami Hambatan Akses

Efek dari semakin diperketatnya akses internet oleh pemerintah China ini, ternyata bukan berarti bahwa WhatsApp sudah tidak bisa diakses sepenuhnya, namun akses dari aplikasi tersebut menjadi seolah terhambat.

Efek yang dirasakan oleh pengguna aplikasi ini di negara tersebut seperti kesulitan dalam mengirimkan foto dan video. Pengguna yang berkirim pesan dengan teks pun kadang-kadang mengalami hal serupa.

Analis keamanan internet pada akhirnya memberikan konfirmasi bahwa memang telah terjadi pemblokiran atau pengetatan akses yang dilakukan oleh pemerintah China. Akan tetapi pemblokiran yang dilakukan tidaklah menyeluruh dan bisa dikatakan hanya setengahnya saja.

Hingga saat ini masih belum ada alasan yang jelas ke mana arah pemblokiran WhatsApp yang dilakukan oleh pemerintah China tersebut. Diperketatnya akses seperti ini kemungkinan bisa berakhir pada pemblokiran menyeluruh pada akses WhatsApp maupun bisa dibukanya kembali aplikasi tersebut setelah beberapa waktu.

Pemerintah China diketahui tak hanya melakukan pengetatan akses pada WhatsApp saja. Pasalnya, sudah ada banyak situs yang mengalami hal yang sama serta menambah panjang daftar blokir dari pemerintah negara tersebut.

Sejumlah situs yang sebelumnya juga mendapatkan pemblokiran dari pemerintah China antara lain Facebook, Twitter, Instagram, Blogspot, Google Play, bahkan Line.

Jika pemblokiran menyeluruh pada WhatsApp benar-benar terjadi, maka hal ini akan mendatangkan keuntungan tersendiri pada bisnis lokal yang ada di Negeri Tirai bambu tersebut. Pasalnya, China sudah memiliki produk aplikasi pesan instan sendiri, yaitu WeChat. Dengan tidak bisa diaksesnya WhatsApp tentu pengguna aplikasi ini kemungkinan akan beralih menggunakan WeChat untuk kebutuhan berkirim pesan singkat.

Aplikasi WeChat sendiri saat ini telah menjadi aplikasi pesan singkat yang sangat populer di negara asalnya. Bahkan tingginya popularitas WeChat di China mampu mengalahkan popularitas WhatsApp.

Top