Pengguna WhatsApp Bakal Bebas Membalas Chat Ketika “Video Call”?

WhatsApp Bakal Hadirkan Fitur Picture-in-Picture – Saat sedang melakukan panggilan video atau video call dengan pengguna WhatsApp lain, seringkali ada pesan masuk yang mengharuskan untuk segera dibalas. Hal ini tentu akan sangat mengganggu karena membuat pengguna harus memilih untuk lebih mengutamakan video call atau membalas chat terlebih dahulu.

Whatsapp Bakal Hadirkan Fitur Picture In Picture

Fitur baru di WhatsApp bernama “Picture-in-Picture” rupanya akan segera dihadirkan untuk mengatasi masalah tersebut. Fitur ini memungkinkan pengguna WhatsApp untuk melanjutkan aktivitas video call meskipun dalam waktu yang bersamaan juga membalas chat dari teman-teman melalui aplikasi ini.

Mekanisme kerja dari fitur PiP ini sebelumnya telah diaplikasikan terlebih dahulu pada layanan berbagi video, Youtube. Dengan begitu pengguna Youtube tetap bisa menonton sebuah video meski sedang mengeksplor video-video lain pada layanan tersebut.

Tujuan dari penambahan fitur tersebut tentu saja untuk semakin meningkatkan produktivitas pengguna dengan memberikan dukungan pada dijalankannya dua pekerjaan sekaligus atau multitasking.

Fitur ini sendiri diketahui pertama kali melalui sebuah cuitan akun Twitter bernama @WaBetaInfo yang mengunggah hasil pemindaian antramuka WhatsApp versi beta dengan dukungan PiP.

@WABetaInfo juga menyebutkan jika PiP bakal hadir secara otomatis di Android O 8.0. Sistem operasi Android yang diperkenalkan Google pada Mei 2017 lalu tersebut disinyalir akan meluncur secara komersil pada bulang Agustus mendatang.

Kendati demikian, jika telah mempunyai Android O versi Developer Preview, pengguna WhatsApp sebenarnya sudah bisa menjajal fitur baru PiP pada aplikasi pesan singkat tersebut. Hal ini karena fitur Picture-in-Picture sendiri untuk sekarang memang sudah tersedia bagi para pengembang saja sehingga sebagian kecil orang sudah bisa merasakan bagaimana keefektifannya dalam membalas pesan dan melakukan video call sekaligus.

Selain untuk Android, fitur PiP menurut kabar juga akan dihadirkan untuk para pengguna perangkat iOS. Meski begitu terkait dengan kapan waktunya pengguna Android dan iOS bisa menjajal fitur PiP tersebut, pihak WhatsApp hingga kini masih belum memberikan informasi yang pasti berkaitan dengan hal ini. Jadi, kita tunggu saja kabar selanjutnya dari pihak WhatsApp.

Top