PC Berprosesor Intel Atom Tidak Bisa Update Windows 10

Windows 10 Creator Update Tidak Mendukung Intel Atom – Microsoft akan melakukan pembaruan terhadap sistem operasi Windows 10. Namun rupanya pembaruan tersebut tidak akan bisa dilakukan pada perangkat komputer atau PC yang masih menggunakan prosesor Intel Atom Clover Trail. Hal ini dikarenakan masalah driver yang tidak kompatibel sehingga bagi para pengguna PC yang menggunakan prosesor tersebut harus puas dengan Windows yang saat ini dinikmati.

Windows 10 Creator Update Tidak Mendukung Intel Atom

Microsoft sendiri sebenarnya sudah cukup berbaik hati dengan masih memberikan pembaruan secara gratis dari Windows 8 ke Winsows 10 pada komputer atau PC yang menggunakan prosesor tersebut ketika pertama kali Windows 10 muncul. Creator Update yang merupakan pembaruan dari Windows 10 ini sendiri memerlukan dukungan tambahan hardware untuk dapat melakukan pembaruan secara lancar. “(Creator Update) membutuhkan tambahan dukungan hardware untuk memberikan pengalaman paling baik saat mendapat pembaruan fitur Windows 10, yaitu Windows 10 Creator Update,” ujar juru bicara Microsoft.

“Sistem ini tak lagi didukung oleh Intel, dan tanpa dukungan driver yang mencukupi, mereka akan tak mampu menggerakkan Windows 10 Creator Update tanpa dampak performa yang potensial,” tambahnya. Meskipun demikian, Microsoft sendiri tidak lantas melupakan perangkat yang menggunakanprosesor tersebut. Pasalnya, pihaknya masih menjamin akan memberikan pembaruan keamanan sampai Januari 2023.

Selain itu, meskipun tidak dapat melakukan pembaruan ke Windoews 10 Creator Update, namun para pengguna dengan perangkat ber-prosesor tersebut masih bisa melakukan pembaruan dengan Windows 10 Anniversary Update. Perangkat dengan prosesor Intel Atom sendiri pertama kali diperkenalkan dengan daya tahan baterai yang bagus untuk perangkat mungil dan murah dengan menggunakan sistem operasi Windows 8.1.

Namun, karena dinilai memiliki performa yang terbatas, banyak konsumen yang lebih memilih untuk membeli perangkat dengan prosesor Intel Core. Hal tersebut membuat Intel kemudian menyerah dan menghentikan pengembangan Intel Atom pada 2016 yang lalu. Hal ini lah yang membuat perangkat dengan prosesor Intel Atom tersebut tidak memiliki beberapa hal yang diperlukan dalam update Windows 10 Creator Update. Sehingga bagi kawan-kawan yang merupakan pengguna perangkat tersebut harus cukup bersabar.

Top