Pasar Game Indonesia Terus Tumbuh

Pertumbuhan Pasar Game di Indonesia – Keberadaan perangkat Android yang saat ini sudah hampir dimiliki semua kalangan masyarakat, membuat berbagai penunjang dan fitur pendukung lainnya juga turut berkembang. Salah satu yang terus tumbuh adalah pasar game yang kian hari pertumbuhannya terus naik. Hal ini tentu cukup menggembirakan, namun yang patut disayangkan adalah meskipun pasarnya terus tumbuh, namun rupanya game-game buatan pengembang lokal Tanah Air belum bisa menjadi raja di Negerinya sendir dan masih kalah saing dengan game-game besutan pengembang luar yang sangat banyak.

Pertumbuhan Pasar Game Di Indonesia

Industri game ini merupakan salah satu industri yang termasuk pada industri kreatif, tak mengherankan jika pasar game ini memang cukup mendapat perhatian dari pemerintah. Hari Sungkari, Deputy Chairman of Infrastructure Badan Ekonomi Kreatif menilai, pasar game di Indonesia ini kian hari memang kian naik khususnya dalam tiga tahun terakhir. “Pada 2014, nilai pasar game Indonesia mencapai USD 181 juta. Sementara pada tahun 2015, USD 321 juta, dan 2016 mencapai USD 580 juta. Tahun ini diperkirakan USD 700 jutaan,” kata Hari yang Begawei kutip dari inet.detik.com.

Besarnya nilai pasar game di Indonesia ini sayangnya masih kurang dapat di kuasai oleh game-game lokal di mana game lokal hanya mendapat 1,7 % dari nilai tersebut. hal ini tentu cukup disayangkan, pasalnya game di Indonesia ini memiliki pertumbuhan yang cukup besar jika dibandingkan dengan industru=I game negara tetangga. “Bila dibandingkan dengan negara di Asia Tenggara, pendapatan dari game yang diraih Indonesia mencapai 21% dari total nilai USD 2,2 miliar. Persentase ini meningkat dari tahun 2013,” papar Hari.

Tak hanya itu saja, bahkan Indonesia menempati urutan pertama di Asia Tenggara untuk pasar game mobile. Di mana dengan USD 331 juta membuat Indonesia menempati urutan nomor satu pendapatan tertinggi game mobile. Hal ini terpaut jauh dari beberapa negara Asia Tenggara lainnya seperti Thailand yang hanya berkisar 275 juta USD atau Malaysia dengan USD 238 juta, Singapura di USD 143 juta, Filipina di USD 143 juta, dan Vietnam di USD 136 juta.

Top