Kamera HP vs Kamera DSLR, Tajam Mana Sih?

Kamera HP vs Kamera DSLR – Bagi kawan-kawan pengguna sosial media tentu kamera menjadi barang yang tidak asing lagi di keseharian. Semenjak merebaknya kamera HP, Memotret kini menjadi salah satu aktivitas yang lekat dalam keseharian kita. Nah, pada kesempatan kali ini Begawei berkolaborasi dengan Sewa Kamera Jogja akan membahas mana yang lebih baik antara kamera HP vs kamera DSLR. Semakin populernya berbagai macam platform sosial media secara tidak langsung menjadi salah satu alasan kenapa orang ingin tampil eksis dengan mengabadikan setiap momen spesial yang terjadi. Untuk aktivitas yang satu ini, setiap orang memiliki cara tersendiri, ada yang mengandalkan kamera DSLR (digital single lens reflex), namun ada juga yang puas dengan hanya berbekal kamera HP, sebab perangkat smartphone sekarang sudah dilengkapi dengan fitur-fitur kamera yang mumpuni dan berkualitas. Jika dilihat sekilas hasil jepretan foto dengan kamera DSLR vs kamera HP memang terlihat sama. Namun ketika diamati lebih detail, barulah terlihat jika keduanya memiliki sejumlah perbedaan. Apa saja ya perbedaannya? Kita lihat, yuk!

Kamera HP Vs Kamera DSLR

Kamera DSLR vs Kamera HP

Jika diamati lebih dekat hasil gambar yang dihasilkan kamera HP vs kamera DSLR tentu akan terlihat perbedaannya. Pasalnya, sensor yang dipakai oleh kamera berjenis DSLR memang lebih besar jika dibandingkan dengan kamera yang ada pada smartphone. Ukuran sensor pada kamera berjenis DSLR biasanya berkisar pada 22.2 x 14.8 mm sedangkan sensor kamera pada smartphone hanya sekitar 4.54 x 3.42 mm. Dengan ukuran sensor kamera HP yang 5 kali lebih kecil dibandingkan dengan sensor kamera DSLR non-full frame tentu hasil jepretan foto dengan kamera jenis DSLR lebih baik karena kemampuannya dalam menangkap cahayanya pun juga lebih mumpuni. Ukuran sensor yang ada pada kedua kamera tersebut juga berpengaruh pada ukuran file yang dihasilkan (megapiksel). Karena perbedaan ukuran sensor yang dimiliki antara kamera DSLR vs kamera HP ini membuat file yang dihasilkannya pun berbeda. Hasil file foto dari kamera HP biasanya akan berukuran lebih kecil dari file kamera DSLR.

Kamera Kamera DSLR VS Kamera HP

Perbedaan sensor antara kamera HP vs kamera DSLR juga akan mempengaruhi print size foto, di mana print size maksimal yang bisa dihasilkan oleh kamera HP ini hanya mencapai 6 R. Sedangkan jika memotret dengan menggunakan kamera DSLR maka besar print size foto yang sanggup dihasilkan biasanya mencapai 16 R 30X40. Sebenarnya, gambar yang dihasilkan melalui kamera HP bisa dibuat agar kualitasnya hampir menyerupai kamera DSLR asalkan saat dilakukan pengambilan foto didukung dengan kondisi pencahayaan yang cukup serta obyek yang tidak bergerak-gerak, namun hal tersebut tentu cukup sulit dilakukan. Meski begitu, saat ini banyak orang yang cenderung lebih senang mengandalkan kamera HP untuk dapat mengabadikan gambar karena selain mudah dibawa juga telah dilengkapi dengan sejumlah teknologi yang biasanya ada pada kamera DSLR. Selain itu harga kamera HP vs DSLR yang memang cukup berbeda juga menjadi alasan banyak orang lebih menyukai kamera HP.

Kamera HP Vs DSLR

Namun demikian saat ini antara kamera HP vs kamera DSLR telah sama-sama memiliki teknologi optical zoom. Dengan keberadaan teknologi ini, perbesaran obyek foto bisa dilakukan dengan penyesuaian lensa. Hasilnya tentu saja berbeda dengan kamera smartphone yang masih mengandalkan pemrosesan digital atau digital zoom yang biasanya akan membuat resolusi dan kualitas foto yang dihasilkan menjadi berkurang. Namun demikian, meskipun saat ini sudah banyak kamera HP yang dibekali dengan berbagai macam teknologi yang menyerupai kamera DSLR tentu hal ini tidak sepenuhnya membuat kemampuan kamera DSLR vs kamera HP tersebut bisa disamakan. Kamera berjenis DSLR sejauh ini masih lebih tangguh jika digunakan untuk memotret momen-momen yang memerlukan bidikan kamera tepat seperti pertandingan olahraga, terutama jika kamera DSLR yang dipakai merupakan jenis full-frame dengan sensor 35 mm. Kelemahan lain dari kamera HP yang cukup kentara terkait dengan kualitas hasil jepretan foto adalah kemampuan untuk menghasilkan foto yang berkualitas dalam kondisi pencahayaan yang rendah.

Perbandingan Kamera HP Dengan Kamera DSLR

Hampir seluruh kamera HP saat ini memang sudah dibekali dengan dukungan LED flash sehingga mampu dipakai untuk menjepret foto dalam kondisi pencahayaan yang kurang. Namun jika dibandingkan antara kamera HP vs kamera DSLR dalam urusan yang sama, tentu kemampuan kamera DLSR masih lebih unggul. Tak hanya itu dengan dukungan fitur-fitur fotografi yang lebih lengkap dibandingkan dengan Kamera HP, secara keseluruhan foto yang diambil dengan kamera DSLR hasilnya memang lebih baik. Hal ini bisa dilihat dari saturasi dan gradasi warna foto serat objek yang sedang difoto itu sendiri. Tak hanya itu, jepretan yang dihasilkan oleh kamera DSLR vs kamera HP juga berbeda, di mana hasil dari DSLR memiliki ruang tajam, kontras dan ketajaman yang lebih baik dibandingkan dengan kamera HP. Jangan lupa simak ulasan lain mengenai Tips Nge-charge Ponsel Dengan Benar dan Cara Menonaktifkan Fitur Autoplay Video Pada Instagram.

Top