Inilah Bioskop Pertama yang Pakai Layar LED

Layar Bioskop LED pertama di Dunia – bagi kawan-kawan yang gemar menonton film di bioskop tentunya sudah tidak asing lagi dengan layar yang ada bioskop. Umumnya, bioskop menggunakan screen projector untuk memproyeksikan gambar yang di tonton oleh para pengunjung. Namun, hal yang berbeda justru dilakukan pada salah satu studio Lotte Cinema World tower Korea Selatan yang justru menggunakan layar LED untuk memutar film. Hal tersebut pun diklaim sebagai yang pertama di dunia.

Layar Bioskop LED Pertama Di Dunia

Penggunaan layar LED pada bioskop ini rupanya bukan tanpa alasan. Adalah Samsung yang dengan sengaja mengganti layar pada umumnya menggunakan LED untuk menunjukan kebolehan teknologi yang dibuatnya. “Melalui warna lebih tajam dan lebih realistis dan presentasi yang meningkat, Cinema Screen LED dapat membuat pemirsa merasa seolah-olah mereka adalah bagian dari gambar,” klaim HS Kim Presiden Visual Display Business di Samsung Electronics dalam keterangan resminya yang Begawei kutip dari inet.detik.com.

Tak tanggung-tanggung, Samsung memasang LED screen tersebut dengan ukuran 10,3 meter pada studio yang diberi nama Super S tersebut. Tentu saja dengan layar super lebar tersebut, penonton akan disuguhi dengan visualisasi yang berkualitas. Bahkan, layar tersebut mampu memperbesar konten dengan resolusi 4K (4.096 x 2.160) dan tingkat kecerahan puncak 146fL. Ini hampir 10 kali lebih besar daripada yang ditawarkan oleh teknologi proyektor standar.

Cinema LED Screen memanfaatkan pengaturan nada abu-abu ultra-kontras dan nada rendah untuk menampilkan warna paling terang, warna hitam terdalam dan warna putih paling murni pada rasio kontras yang hampir tak terbatas. Sementara untuk urusan suara, Samsung melengkapi teater Super S di Lotte Cinema dengan teknologi baru dari JBL oleh Harman. Integrasi ini mampu menghasilkan pengalaman maksimal menyaksikan film di dalamnya.

Di sisi lain, pihak Lotte sendiri menyambut baik langkah Samsung untuk memperkenalkan teknologi terbarunya. “Kami berharap dapat bekerja sama dengan Samsung untuk mengenalkan teknologi baru berkualitas tinggi kepada industri film di masa depan, dan kami bersemangat,” ucap Wonchun Cha, CEO Lotte Cinema. Sebelumnya, Samsung sebenarnya telah melakukan uji coba layar ini pada Mei 2017 yang lalu.

Top