Hasil Benchmark AnTuTu Ungkap Performa Meizu Pro 7 dengan Chipset Helio X30

Performa Meizu Pro 7 dengan Helio X30 Terungkap Lewat Hasil Benchmark – Vendor asal Tiongkok Meizu memang baru saja mengumumkan dua smartphone terbarunya yang bertajuk, Meizu Pro 7 dan Pro 7 Plus. Kedua perangkat tersebut sama-sama dibekali dengan chipset Helio X30. Dengan digunakannya chipset tersebut, tentu banyak yang kemudian menanyakan bagaimanakah sebenarnya performa ponsel dengan prosesor Deca-core atau sepuluh inti tersebut?

Performa Meizu Pro 7 Dengan Helio X30 Terungkap Lewat Hasil Benchmark

Hal itu pun akhirnya terjawab karena baru-baru ini salah satu pengguna Weibo mengupload hasil benchmark AnTuTu milik Meizu Pro 7 Plus yang dibekali dengan chipset Helio X30 dan RAM berkapasitas 4 GB.

Chipset yang dipakai oleh ponsel ini memang memiliki banyak inti, namun hal ini tidak otomatis membuat chipset tersebut mampu menghasilkan performa yang sangat gahar. Hal ini pun akhirnya dibuktikan oleh hasil benchmark chipset Helio X30 yang mampu mencatatkan skor sebesar 141982 pada aplikasi benchmarking itu.

Hasil ini membuat ponsel yang mengandalkan chipset Helio X30 itu masih berada di bawah perangkat lain yang dibekali dengan chipset Snapdragon 821 seperti Xioami Mi Note 2 dan Mi Mix.  Padahal jika dibandingkan, chipset Snapdragon 821 yang dipakai perangkat-perangkat tersebut masih hadir dengan prosesor quad-core.

Sejauh ini, chipset racikan MediaTek memang selalu bisa disalip oleh chipset buatan Qualcomm, maupun Samsung dengan Exynos miliknya. Sehingga para pengguna smartphone yang mencari produk dengan performa sangat powerful, tentu Meizu Pro 7 tidak akan termasuk pada daftar ponsel yang direkomendasikan. Akan tetapi, kedua smartphone Meizu ini hadir membawa sejumlah fitur yang tak dimiliki perangkat flagship lainnya, misalnya saja layar sekunder di bagian belakang yang berfungsi untuk menampilkan notifikasi, memutar musik, dan mendukung aktifitas selfie dengan kamera utamanya.

Meskipun chipset yang dipakai oleh Meizu Pro 7 dan varian Plusnya bukanlah yang terbaik, namun chipset Helio X30 ini cukup layak untuk dipertimbangkan sebab chipset tersebut sudah dibangun dengan memakai proses manufaktur 10 nm.

Chipset Helio X30 sendiri mempunyai sepuluh inti sehingga performanya meningkat sebesar 240% dan mengalami penurunan konsumsi daya hingga 60% dibandingkan chip MediaTek generasi terakhir. Chipset ini juga menawarkan peningkatan performa grafis dari GPU PowerVR  yang dibawanya.

Jika masih memakai proses 10nm pada chipset flagship terbarunya di tahun depan, tentu MediaTek tetap akan tertinggal dari Qualcomm maupun Samsung. Seperti diketahui, Qualcomm akan berganti memakai proses 7nm dan Samsung Exynos juga akan beralih ke proses 8nm dan diikuti oleh proses 7nm pada pertengahan tahun depan.

Top