Facebook Bakal Punya Ponsel Bongkar Pasang?

Facebook Diam-diam Bikin Ponsel Modular – Kabar tentang Facebook yang akan meluncurkan ponsel buatan sendiri memang sudah sempat menjadi perbincangan sejak beberapa tahun yang lalu. Namun, kabar ini tak juga terbukti kebenarannya karena Facebook hanya merilis aplikasi launcher Android yang diberi nama Home.

Facebook Diam Diam Bikin Ponsel Modular

Namun akhir-akhir ini, dugaan soal Facebook yang diam-diam tengah mengembangkan sebuah smartphone kembali muncul. Kabar ini muncul berdasarkan paten yang telah diajukan oleh pihak Facebook pada pekan yang lalu.

Paten ini menunjukkan sebuah perangkat elektomagnetikal modular yang terdiri dari mikrofon, speaker, layar sentuh, dan GPS, yang juga memiliki fungsi sebagai telepon.

Ini berarti jika Facebook memiliki kemungkinan untuk mematenkan sebuah desain ponsel modular alias bisa dibongkar pasang. Pemakaian hardware modular bisa membuat pengguna perangkat mengganti komponen-komponen yang berbeda sesuai dengan keinginannya.

Konsep perangkat buatan Facebook ini mirip dengan ponsel modular Project Ara yang sudah pernah dikembangkan oleh Google namun tidak jadi meluncur.

Selain ponsel, paten tersebut juga menunjukkan bahwa perangkat buatan Facebook ini bisa difungsikan sebagai speaker musik layaknya Amazon Alexa.

Isu tentang Facebook yang saat ini sedang mengembangkan ponsel modular juga makin kuat terlebih karena Building 8 yang sering dipakai untuk mengembangkan proyek masa depan kini berada di bawah pimpinan Regina Dugan.

Dugan sebelumnya memimpin grup Advanced Technology and Projects (ATAP) Google yang salah satu kinerjanya adalah mengembangkan ponsel modular Project Ara.

Tak hanya itu, beberapa orang yang dulu terlibat dalam pengembangan Project Ara di Google pun kini ikut bergabung dan bekerja sebagai bagian dari tim building 8 di Facebook.

Meski begitu, seperti halnya teknologi paten pada umumnya, hingga saat ini masih belum benar-benar diketahui apakah perangkat modular yang tengah dikembangkan oleh Facebook tersebut akan diwujudkan sehingga bisa dirasakan oleh para pengguna ponsel di seluruh dunia. Kita tunggu saja kabar selanjutnya apakah Facebook akan merealisasikan perangkat paten ini sehingga menjadi kenyataan atau hanya mandek di tengah jalan seperti rumor sebelumnya.

 

Top