Damai dengan Nokia, Apple Bayar Rp 26,6 Triliun

Membayar Uang Damai Rp 26,6 Triliun, Apple Akhiri Konflik dengan Nokia – Apple ternyata harus berusaha cukup keras untuk mengakhiri konfliknya dengan Nokia. Belum lama ini, Apple diketahui membayar uang damai yang jumlahnya sangat besar mencapai 2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 26,6 triliun. Seperti diketahui bahwa Apple dan Nokia memang sempat bersitegang beberapa waktu yang lalu terkait dengan masalah hak paten.

Membayar Uang Damai Rp 26,6 Triliun Apple Akhiri Konflik Dengan Nokia

Besarnya uang damai yang rela dikeluarkan Apple tersebut menjadi semacam indikasi bahwa Apple memang sepertinya tak mau berlama-lama berada dalam konflik dengan Nokia.

Sebenarnya masalah antara Apple dan Nokia ini sudah selesai pada bulan Mei 2017 yang lalu. Pada waktu itu, penyelesaian telah diumumkan tanpa adanya pembayaran maupun kesepakatan lisensi baru.

Namun, belum lama ini terungkap jika Apple ternyata mau mengeluarkan uang damai dengan jumlah yang besar untuk mengakhiri perseteruan patennya dengan Nokia. Total jumlah uang yang harus dibayarkan oleh Apple kepada pihak Nokia sudah tertera dalam pernyataan resmi mengenai laporan keuangan kuartal II Nokia.

Pernyataan resmi Nokia yang tertulis dalam laporan tersebut menyebutkan jika Nokia mendapatkan pembayaran tunai yang jumlahnya sangat signifikan dari Apple dan nilainya mencapai 1,7 miliar euro atau sekitar Rp 26,6 triliun sehingga semakin memperkuat keuangan Nokia.

Di sisi lain, kedua perusahaan tersebut hingga kini masih belum mau memberikan informasi terkait dengan syarat-syarat kesepakatan baru di antara mereka berdua, baik itu syarat mengenai pembayaran maupun waktu pemberian lisensi tersebut.

Konflik tentang hak paten antara Apple dan Nokia memang sempat menjadi perhatian publik beberapa waktu yang lalu. Itu bukan pertama kalinya kedua perusahaan besar tersebut berseteru. Pasalnya, perseteruan antara Apple dan Nokia memang sudah terjadi sejak lama namun konflik yang terakhir tampaknya membuat hubungan antara kedua perusahaan tersebut semakin panas. Bahkan konflik di antara keduanya masuk dalam gugatan besar yang terjadi dalam satu dekade terakhir. Perseteruan itu bermula ketika Nokia menuding Apple telah melanggar lusinan hak paten miliknya pada tahun lalu.

 

Top