Chipset Helio X30 Milik MediaTek Dibuat untuk Para Gamers

MediaTek Buat Helio X30 untuk Keperluan Gaming – MediaTek memang diketahui sudah memperkenalkan chipset flagship miliknya, Helio X30 sejak lama. Smartphone pertama yang akan disemati dengan chipset tersebut pun sudah mendapatkan konfirmasi, yakni Meizu Pr0 7. Karena hadir dengan membawa label flagship, maka MediaTek telah membekali chipset barunya ini dengan berbagai fitur utama yang akan membuat kinerjanya makin optimal.

Mediatek Buat Helio X30 Untuk Keperluan Gaming

Sebuah unggahan di akun Weibo milik Meizu, chipset baru MediaTek tersebut dibangun dengan proses 10nm dan ditujukan untuk keperluan gaming. MediaTek sendiri mengklaim bahwa chipset Helio X30 telah mendukung RAM LPDDR4X. Keunggulan dari LPDDR4X ini adalah bisa digunakannya memori dengan clockspeed yang lebih tinggi, namun tetap memiliki konsumsi daya yang rendah.

Standar memori yang baru tersebut mempunyai pengurangan voltase 40% (1.1V hingga 0,6V) yang membuat data bisa dikirim dan diterima pada kecepatan yang lebih baik serta hanya mengonsumsi sedikit daya. Hal ini bisa dipastikan akan membuat dayanya lebih efisien dan menawarkan waktu pemakaian yang lebih lama untuk sekali charge. Apalagi chipset 10nm ini juga diketahui lebih hemat daya daripada chipset 14nm.

Chipset Helio X30 juga sudah menunjang penyimpanan UFS 2.0 dan UFS 2.1 yang lebih cepat. Seperti yang diketahui bahwa tipe penyimpanan ini mempunyai kecepatan baca dan tulis yang lebih tinggi daripada eMMC  yang dipakai smartphone konvensional. Chipset 10nm tersebut juga terintegrasi dengan CPU deca-core (10-core) dengan clock speed tertinggi 2.5 GHz. Chipset ini juga membawa GPU PowerVR 7XTP-MT4 sebagai bagian pengolahan grafisnya.

Dengan memiliki spesifikasi hardware tersebut, perangkat yang akan menggunakan chipset flagship buatan MediaTek ini sudah bisa dipastikan tidak akan mengalami masalah apapun bahkan ketika digunakan untuk menjalankan game-game berat. Pasalnya, prosesor dan kartu grafis yang tersemat pada chipset ini memang sudah mendukung aktivitas ini dengan optimal. Bahkan, akun Weibo milik Meizu mengutip pernyataan yang ketika diterjemahkan akan lebih berfokus pada gamers. Jadi, para gamers yang hobi bermain lewat smartphone, tunggu saja kehadiran smartphone terbaru Meizu dengan chip Helio X30 ini.

Top