Cara Mirror Android ke PC Via Wifi dengan Mudah

Cara Mirror Android ke PC Via Wifi – Mungkin, banyak di antara kawan-kawan sudah membaca tentang cara mirror Android ke PC Via Wifi. Ya, mirror smartphone Android merupakan sebuah langkah yang bisa kawan lakukan untuk menduplikat ponsel Android sobat pada sebuah PC atau laptop. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengontrol atau bahkan memantau keberadaan smartphone Android sobat yang mungkin saja sedang dipinjam oleh teman atau dibawa oleh saudara. Di mana, mirror atau menampilkan layar Android ke PC ini dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan terjadi pada ponsel yang kawan miliki. Selain itu, cara mirror Android ke PC dengan Wifi ini pun juga merupakan langkah tepat dan mudah agar setiap data atau file penting yang ada pada ponsel Android bisa selalu terpantau. Di sisi lain, dengan memanfaatkan jaringan Wifi pun mirror ponsel Android pun akan lebih maksimal sehingga pantauan setiap aktivitas dari smartphone akan menjadi lebih lancar. Lalu, bagaimana sih cara mirror Android ke PC Via Wifi itu?

Cara Mirror Android Ke PC Via Wifi

Perlu untuk kawan ketahui bahwa sebenarnya cara mirror Android ke PC Via Wifi itu ada beragam caranya. Namun, dari beberapa cara tersebut mungkin bagi sebagian teman-teman yang sudah pernah menerapkan mirroring Android ini tak terlalu asing. Namun, bagi pemula yang belum pernah sama sekali mendengar cara ini maka kali ini pun Begawei akan menyajikannya untuk kawan-kawan yang masih awam terkait dengan cara mirror Android ke PC dengan Wifi yang akan Begawei bagikan kali ini. Oleh sebab itu, bagi teman-teman yang ingin lebih dalam tahu caranya, tampaknya kunjungan kawan-kawan semua ke Begawei ini dirasa tepat mengingat pada kesempatan kali ini kita akan bersama-sama membahas mengenai langkah-langkahnya mulai dari awal sampai akhir. Namun, ada baiknya sebelum kita membahas terkait cara mirror Android ke PC Via Wifi, sedikit kita akan mulai dengan beberapa tujuan atau kegunaan mirror Android ke PC. Yuk, kita simak bersama ulasannya.

Cara Mirroring Android Ke PC Via Wifi

Tujuan Mirror Android ke PC

Sebelum lebih lanjut mengulas cara mirror Android ke PC Via Wifi, aktivitas mirror atau menampilkan layar Android ke layar PC atau laptop ini memiliki beberapa kegunaan. Nah, beberapa tujuan mirror Android ke PC antara lain sebagai berikut:

  1. Tujuan mirror Android ke PC yang pertama tentu sebagai upaya untuk memantau aktivitas ponsel Android dari jarak jauh. Seperti untuk menampilkan layar Android ke PC sehingga setiap aktivitas pada ponsel Android pun akan selalu terpantau
  2. Kemudian, untuk keperluan presentasi ketika sobat tidak memiliki mail atau mengirim data ke semua orang maka mirror ini bisa menjadi salah satu media yang sangat berguna.
  3. Nah, tujuan mirror Android ke PC yang paling umum yakni untuk keperluan menonton video dari ponsel Android ke layar yang lebih lebar seperti PC atau laptop.

Tentu saja, dengan ketiga tujuan mirror Android ke PC yang sudah dijelaskan di atas, kawan-kawan yang masih pemula bisa memiliki gambaran bagaimana kegunaan mirroring Android agar bisa ditampilkan ke PC. Maka dari itu, tak ada salahnya jika kawan-kawan yang masih awam untuk tahu cara mirror Android ke PC Via Wifi yang akan kita bahas pada ulasan kali ini.

Cara Mirroring Android Ke PC Dengan Wifi

Cara Mirror Android ke PC Via Wifi

Nah, setelah kita tahu tujuannya maka pada segmen ini Begawei akan mengajak kawan-kawan semua untuk bersama-sama mengulas cara mirror Android dengan PC Via Wifi. Yuk, kita simak langkah-langkahnya:

  1. Cara mirror Android ke PC Via Wifi yang pertama, yaitu dengan menjalankan aplikasi Connect pada PC. Caranya, klik pada menu Start kemudian pilih list App, Connect.
  2. Kemudian, untuk Android tarik notification dari atas ke bawah. Nanti akan muncul beberapa tampilan menu, seperti dering, data selular, Wifi, dan lain-lain kemudian cari dan pilih icon Cast.
  3. Kemudian, lanjut pada tahapan cara mirror Android ke PC via Wifi berikutnya, setelah icon Cast tadi dipilih tunggu dulu hingga ponsel Android yang kawan miliki tersebut mendeteksi atau mengenali perangkat PC. Umumnya, ciri-ciri perangkat PC sudah terdeteksi, bisa dilihat dari munculnya nama PC. Jika sudah, pilih nama PC jaringan tersebut.
  4. Tunggu beberapa saat. Usahakan, jarak antara PC dan ponsel Android tak terlalu dekat namun jangan kejauhan.
  5. Jika kawan sudah melakukan langkah cara mirror Android ke PC dengan Wifi pada langkah sebelumnya maka dipastikan nantinya secara otomatis aplikasi pada layar PC bakal memberikan tampilan layar Android.

Di sisi lain, dalam menerapkan cara mirror Android ke PC via Wifi yang langkah-langkahnya telah dijelaskan di atas, perlu diketahi bahwa fitur miracast yang ada pada ponsel Android memiliki nama yang berbeda-beda setiap merk. Contohnya seperti Play To/ Wireless Display/ Screen Mirror/ Wireless Mirroring/ Cast Screen/ Screen Casting. Namun, meski memiliki nama yang berbeda, fitur ini bisa kawan-kwan cari dan temukan di menu Setting yang terletak di bagian Wireless & Network atau di bagian Display.

Cara Mirror Android Ke PC Dengan Wifi

Akhirnya, selesai sudah cara mirror Android ke PC dengan Wifi yang tersaji melalui 7 langkah di atas. Tentu saja dengan kita tahu beberapa tahapan mirroring Android ke PC ini maka segala aktivitas pada ponsel smartphone pun bisa terpantau dengan maksimal. Bahkan, aktivitas presentasi pun bisa dilakukan melalui penerapan cara mirroring yang telah dijelaskan di atas. Semoga informasi mengenai langkah-langkah terkait cara mirror Android ke PC Via Wifi di atas bisa sobat terapkan dengan mudah. Sekian dan baca juga ulasan menarik lain mengenai Cara Mematikan Update Windows 10 dan Cara Menghubungkan Laptop ke Proyektor.

Top