Cara Merubah JPEG ke PDF Secara Offline dan Online

Cara Merubah JPEG ke PDF – Meski sebenarnya cukup mudah dilakukan, namun banyak yang masih belum mengetahui cara merubah JPEG ke PDF. File dengan ekstensi JPEG memang cukup sering kita temukan sehingga kita pun sudah tidak asing lagi dengan jenis file yang satu ini. Misalnya ketika kita mengunduh foto di internet, maka foto tersebut seringkali akan tersimpan ke dalam komputer yang kita gunakan dalam ekstensi ini. JPEG yang merupakan singkatan dari Joint Photographic Expert Group ini termasuk format paling umum yang digunakan untuk file berupa foto. Sementara itu, PDF sendiri merupakan singkatan dari Portable Document Format yang diciptakan oleh perusahaan perangkat lunak Adobe. Cara merubah JPEG ke PDF bisa dilakukan tanpa mengurangi kualitas dari foto tersebut. Pasalnya, file JPEG yang dirubah ke dalam format file yang lain biasanya akan menurun kualitasnya. Selain itu merubah format file ini ke dalam PDF juga memiliki keuntungan sendiri terutama jika kawan ingin membuat file yang berupa dokumen. Dengan begitu file JPEG yang dimiliki akan lebih aman dan tetap tersaji dalam tata letak seperti aslinya. Nah, lantas bagaimana ya cara merubah JPEG ke PDF ini?

Cara Merubah JPEG Ke PDF

Cara merubah JPEG ke PDF terbilang cukup mudah dilakukan. Walaupun file foto dengan ekstensi JPEG lumayan populer dan menawarkan berbagai macam keunggulan dibandingkan jenis file foto yang lain, namun format yang satu ini juga mempunyai kekurangan. Hal ini karena gambar yang ada pada foto dengan format JPEG akan tampak sedikit kabur sehingga kawan perlu mengetahui cara merubah JPEG ke PDF agar bisa menyiasatinya. Kualitas gambar yang kurang bagus ini karena JPEG termasuk ke dalam jenis kompresi lossy yang diperuntukkan bagi fotografi digital sehingga ketika sebuah file disimpan dengan menggunakan format yang satu ini maka kualitas gambar akan menurun akibat dari proses kompresi tersebut.  Semakin tinggi proses kompresi yang terjadi, maka semakin buruk juga kualitas gambar yang ditampilkan. Hal inilah yang tampaknya menjadi alasan mengapa orang sering merubah gambar dengan format JPEG ke format yang lain, tak terkecuali PDF. Nah, bagi kawan yang belum mengetahui bagaimana mengubah format file JPEG, kali ini Begawei akan memberikan informasi tentang cara merubah JPEG ke PDF.

Cara Merubah JPEG Ke PDF Online

Cara Merubah JPEG ke PDF Online

Berikut ini adalah tahapan cara merubah JPEG ke PDF online:

  1. Langkah pertama dari cara merubah JPEG ke PDF online adalah dengan membuka situs http://smallpdf.com/id/jpg-ke-pdf
  2. Langkah berikutnya pada cara merubah JPEG ke PDF adalah dengan mengunggah gambar berekstensi JPEG yang akan dirubah menjadi PDF. Hal ini bisa dilakukan dengan cara klik pada “Pilih File” atau bisa juga dengan metode drag and drop dari PC langsung ke browser untuk langkah yang lebih simpel.
  3. Tunggu hingga file gambar terunggah secara sempurna dan jika ingin merubah lebih banyak file, maka kawan bisa melakukan mengulangi langkah ke dua dari cara merubah JPEG ke PDF online ini untuk mengunggah lebih banyak foto.
  4. Setelah semua gambar berhasil dipunggah, klik ‘Buat PDF Anda Sekarang!’
  5. Apabila proses konversi gambar telah selesai, maka kawan pun bisa langsung mengunduh file hasil konversi tersebut ke PC yang digunakan. Nah, sampai disini cara merubah JPEG ke PDF online pun selesai.

Di atas merupakan cara merubah JPEG ke PDF online yang tentunya dapat dilakukan melalui jaringan internet.  Situs-situs konversi JPEG seperti ini biasanya bisa digunakan secara gratis dan tanpa batasan. Selain itu, hasil konversinya pun memiliki kualitas yang cukup optimal. Berikutnya, kawan akan mengetahui bagaimana cara merubah JPEG ke PDF offline.

Cara Merubah JPEG Ke PDF Offline

Cara Merubah JPEG ke PDF Offline

Berikut ini adalah langkah-langkah cara merubah JPEG ke PDF offline:

  1. Langkah pertama pada cara merubah JPEG ke PDF offline, kawan harus menginstall terlebih dahulu aplikasi Nitro Reader dengan cara mengunduhnya melalui situs https://www.gonitro.com/pdf-reader.
  2. Kemudian, bukalah Windows Explorer dan carilah file JPEG yang ingin dikonversi menjadi format PDF, bisa hanya dengan satu file maupun banyak file dalam waktu yang bersamaan. Jika akan merubah banyak file sekaligus pada cara merubah JPEG ke PDF offline ini, maka caranya adalah dengan select semua file gambar yang akan dirubah, lalu klik kanan dan Print.
  3. Setelah itu, akan muncul kotak dialog cetak/Print muncul, pilih opsi Nitro PDF Creator pada menu Printer dan kemudian pilih Print.
  4. Beri nama file tersebut dan klik Save. File secara otomatis akan tersimpan ke dalam PC dalam format PDF dan cara merubah JPEG ke PDF offline pun selesai.

Cara merubah JPEG ke PDF offline ini akan lebih mudah dilakukan dengan aplikasi yang telah di download meskipun kawan tidak memiliki jaringan internet. Salah satu aplikasi untuk mengkonversi JPEG ke PDF yang mudah digunakan adalah dengan memakai Nitro Reader. Kelebihan yang bisa kawan dapatkan ketika menggunakan aplikasi Nitro Reader untuk merubah file berformat JPEG ke PDF adalah bisa merubah lebih banyak file JPEG ke dalam satu file PDF. Tak hanya itu, ukuran kertas dan layout file pun bisa dirubah menjadi full page. Cara merubah JPEG ke PDF offline ini bisa menjadi alternatif pilihan bagi kawan yang memiliki koneksi kurang stabil atau memang lebih suka melakukan konversi melalui PC sendiri.

Cara Merubah JPEG Ke PDF Tanpa Software

Bagaimana kawan, cukup mudah, bukan? Langkah-langkah yang telah Begawei berikan di atas akan membantu kawan semua untuk bisa mengkonversi file berformat JPEG ke PDF dengan mudah baik secara online maupun offline. Dengan begitu, membuat file dokumen yang berisi berbagai macam foto kini bukan masalah lagi. Itulah informasi yang bisa Begawei bagikan terkait dengan cara merubah JPEG ke PDF. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Baca juga mengenai Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak dan Cara Root Android.

Top