Cara Merubah Format Video di Android dengan Mudah

Cara Merubah Format Video di Android – Banyak pengguna Android yang ingin mengetahui, pasalnya jenis file yang satu ini memang menjadi salah satu file yang cukup sering digunakan namun juga tak jarang memiliki masalah karena tidak dapat diputar di perangkat tertentu. Merubah format video di perangkat berbasis Android memang cukup penting sebab tidak semua video hadir dalam format yang mendukung untuk diputar pada perangkat tersebut. Ada berbagai jenis video yang ketika dimasukkan ke dalam perangkat malah tidak bisa dibuka. Hal ini tentu akan menjadi masalah tersendiri dan membuat pengguna mencari cara merubah format video di Android, terlebih jika video tersebut merupakan video yang sangat ingin kita tonton. Kondisi seperti ini biasanya terjadi jika kita memindahkan video dari PC ke smartphone atau tablet yang menggunakan sistem operasi Android. Tak hanya itu, masalah yang sama pun juga bisa terjadi ketika kita mengunduh video tertentu dari internet secara langsung dengan menggunakan ponsel atau tab Android. Masalah seperti ini sebenarnya bisa dengan mudah diatasi terutama jika kawan mengetahui cara merubah format video Android.

Cara Merubah Format Video Di Android

Jika kawan belum mengetahui cara merubah format video di Android ini, maka ketika mendapati video-video tersebut kawan tetap tidak akan bisa memutarnya pada perangkat yang digunakan sebab formatnya memang tidak mendukung untuk diputar pada smartphone atau tab yang berbasis Android. Ada beberapa jenis format video yang tidak bisa diputar pada Android, seperti Avi, FLV, serta WMV. Video yang formatnya tidak mendukung di Android pada umumnya memiliki tampilan yang berbeda ketika dipindahkan pada perangkat Android sehingga memang cukup mudah untuk dibedakan dengan video lain yang dapat diputar di perangkat ini. Video dengan format yang berbeda tersebut sebenarnya masih bisa diputar dengan cara merubah format video Android. Langkah yang diperlukan adalah dengan terlebih dahulu mengubah format video tersebut ke format yang mendukung untuk Android, misalnya dengan format FLV atau MP4. Nah, setelah formatnya dirubah, maka video itu baru bisa diputar dengan menggunakan perangkat Android. Nah, jika kawan-kawan sudah pernah mempraktekkan cara merubah format video di Android sebenarnya sangat mudah dilakukan karena kawan hanya membutuhkan aplikasi pengubah format video. Berikut Begawei berikan ulasan cara untuk merubahnya!

Cara Merubah Format Video Android

Aplikasi Pengubah Format Video di Android

Berikut ini adalah sejumlah aplikasi pengubah format video di Android:

  • Format Factory for Android

Format Factory sebelumnya memang hanya digunakan untuk mengubah format video di PC saja, namun kini aplikasi tersebut sudah memiliki versi yang bisa digunakan dalam cara merubah format video di Android. Sehingga dengan menggunakan aplikasi pengubah format video di Android yang satu ini kawan bisa mengkonversi video dengan menggunakan smartphone Android. Aplikasi ini cukup populer dan menjadi pilihan bagi banyak orang bahkan juga masih sering dipakai untuk merubah video dengan PC seperti pada awalnya. Aplikasi ini mendukung berbagai macam format video untuk bisa dirubah agar bisa diputar di Android, misalnya AVI, MK, Ogg, WMA, Flac, Flv, M4a dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, aplikasi pengubah format video di Android yang satu ini juga menyediakan banyak fitur yang bisa dipakai untuk mengedit video.

  • Video Converter MP3

Video Converter MP3 merupakan salah satu aplikasi pengubah format video Android yang bisa digunakan dalam cara merubah format video Android dengan simpel. Jika kawan mengkoleksi berbagai macam video atau musik pada perangkat Android kemudian ingin mengkonversikannya ke dalam format mp3 maka, aplikasi yang satu ini bisa digunakan. Format video yang bisa diedit dengan menggunakan aplikasi pengubah format video di Android yang satu ini misalnya MPEG, MP4, MP3, Vob dan masih ada beberapa jenis yang lain.

Sebenarnya masih ada banyak sekali aplikasi pengubah format video di Android. Namun, Format Factory for Android dan Video Converter MP3 merupakan dua contoh aplikasi yang paling banyak digunakan. Untuk bisa mengubah format video yang ada di Android, maka kawan memang perlu mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut terlebih dahulu sehingga nantinya video yang sebelumnya tidak mendukung bisa diputar kapan saja tanpa harus memakai perantara. Selanjutnya, kawan akan mengetahui tahapan cara merubah format video di Android.

Cara Merubah Format Video Di Android Dengan Aplikasi

Cara Merubah Format Video di Android

Pada segmen ini Begawei akan menjelaskan salah satu cara yang dapat digunakan untuk merubah format video di Android yakni dengan aplikasi Format Factory. Berikut adalah langkah-langkah cara merubah format video di Android dengan Format Factory:

  1. Langkah pertama dari cara merubah format video Android ini adalah, unduh terlebih dahulu aplikasi Format Factory for Android melalui Google Play Store.
  2. Kemudian install aplikasi ini pada perangkat yang digunakan dan cobalah untuk menjalankannya.
  3. Lalu, kawan bisa memilih video yang ingin dirubah formatnya atau bisa juga file audio yang ingin dirubah format suaranya.
  4. Carilah video yang formatnya akan dirubah tersebut.
  5. Langkah selanjutnya dari cara merubah format video di Android adalah, pilihlah opsi MP4 Medium Quality pada bagian preset yang memiliki fungsi untuk membuat video agar bisa disesuaikan secara otomatis.
  6. Selain itu, sesuaikan juga detail video agar kualitasnya ketika dirubah akan tetap jernih. Kemudian, pilih opsi ‘Convert Now!’ untuk menjalankan proses konversinya.
  7. Tunggu selama beberapa waktu hingga prosesnya selesai. Apabila proses konversi pada cara merubah format video Android dengan Format Factory ini sudah selesai biasanya video akan langsung tersimpan di bagian memori internal pada perangkat Android sehingga kawan memang harus memastikan ketersediaan memorinya terlebih dahulu.

Itulah salah satu cara merubah format video di Android yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi pengubah video bernama Format Factory for Android. Aplikasi yang satu ini memang paling sering digunakan oleh para pengguna perangkat Android sebab selain prosesnya tidak sulit, hasil konversinya pun memiliki kualitas yang bagus.

Cara Merubah Format Video Di Android Dengan Mudah

Nah, jika kawan mengikuti langkah-langkah yang telah Begawei sajikan, maka merubah video di Android bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Cara merubah format video Android di atas selain mudah, juga bisa dilakukan dalam waktu yang singkat sehingga kawan bisa segera menyaksikan video tersebut melalui perangkat Android yang dimiliki. Sekian dulu ya informasi yang bisa Begawei berikan tentang cara merubah format video di Android. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jangan lupa baca juga mengenai Cara Membuka HP Android yang Terkunci dan Cara Mendapatkan Koin Line Gratis.

Top