Cara Menghubungkan Laptop ke Proyektor dengan Benar

Cara Menghubungkan Laptop ke Proyektor – Mungkin, sebagian orang masih mengalami kesulitan dan belum tahu cara menghubungkan laptop ke proyektor, baik untuk keperluan presentasi maupun kepentingan lain. Sebenarnya, jika kita telisik lebih jauh, kendala seperti ini umum terjadi dan bukan sebuah masalah baru. Bahkan, ditempat kerja sekalipun, misalkan saja seperti presentasi, masih juga ada beberapa karyawan yang kesulitan mengatasi tampilan laptopnya yang tak berhasil terhubung dengan proyektor. Maka dari itu, meski bukan hal yang terlalu penting, tetapi tak ada salahnya jika kawan-kawan mengetahui cara menghubungkan laptop ke proyektor supaya ketika dibutuhkan suatu waktu, teman-teman bisa menerapkannya dengan benar. Selain itu, dengan adanya topik yang akan Begawei jelaskan kali ini, tentunya bisa teman-teman jadikan salah satu referensi untuk mengatasi kendala laptop yang tak terkoneksi dengan proyektor. Nah, kira-kira bagaimana sih cara menghubungkan laptop ke proyektor dengan benar? Sudah tak sabar ya kawan ingin tahu caranya?

Cara Menghubungkan Laptop Ke Proyektor

Cara menghubungkan laptop ke proyektor ini sebenarnya cukup mudah dan bisa diterapkan oleh saja. Bahkan, bisa dikatakan bahwa langkah-langkahnya sangat simple. Hanya saja, tak jarang ketika prosedur instalasi atau penyambungan sudah dilakukan dengan benar namun masih saja laptop tak bisa terintegrasi dengan proyektor. Tentu saja, hal tersebut menjadi sebuah kendala yang sering kita temui dan terkadang sulit untuk diatasi meskipun terlihat sepele. Oleh karena alasan tersebut maka dengan mengetahui beberapa langkah dari penerapan cara menghubungkan laptop ke proyektor ini juga ada baiknya. Namun, selain itu juga ada beberapa hal yang perlu untuk kawan ketahui, salah satunya yaitu penyebab laptop tidak bisa terhubung ke proyektor. Karena cukup penting maka dari itu sebelum kita jauh mengulas cara menghubungkan laptop ke proyektor, kita ketahui dulu beberapa penyebab laptop tidak bisa terhubung ke proyektor. Untuk lebih jelasnya, simak uraian yang akan Begawei jelaskan di bawah ini!

Cara Menghubungkan Laptop Ke Proyektor Dengan Mudah

Penyebab Laptop Tidak Bisa Terhubung ke Proyektor

Di awal pembahasan cara menghubungkan laptop ke proyektor ini, terlebih dahulu Begawei akan mengemukakan beberapa masalah dari penyebab laptop tidak bisa terhubung ke proyektor. Beberapa di antaranya yaitu:

  1. Penyebab laptop tidak bisa terhubung ke proyektor yang pertama yaitu adanya masalah pada VGA Connector atau kabel VGA. Dalam hal ini, ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab tak terhubungnya laptop ke proyektor yang nantinya akan menghambat cara menghubungkan laptop ke proyektor, seperti gangguan pada kabelnya atau justru ada masalah pada Port VGA yang terdapat pada Proyektor dan Laptop.
  2. Kedua yaitu karena adanya masalah pada setting atau pengaturan di laptop. Maka dari itu, untuk mengatasi masalah ini, teman-teman bisa mencoba untuk mengecek pada Screen Project. Caranya, dengan menekan tombol “Windows (gambar jendela) dan P pada keyboard secara bersamaan.
  3. Namun, jika kedua langkah di atas tak juga kunjung mengatasi masalah ini maka penyebab laptop tidak bisa terhubung ke proyektor bisa jadi adanya problem pada Driver VGA. Maka dari itu sebelum melakukan cara menghubungkan laptop ke proyektor, pastikan juga bahwa Drive pada driver VGA sudah terinstall atau belum. Untuk mengecek dan memastikannya, teman-teman bisa mengeceknya melalui Device Manager, yang bisa kamu akses melalui Control Panel > Hardware and Sound > Device Manager. Atau bisa juga dari Start > Search lalu ketik Device Manager tanpa tanda petik “. VGA pada laptop sudah terinstal dengan benar dan tepat. Nah, dari ketiga Penyebab laptop tidak bisa terhubung ke proyektor tersebut, penyebab nomor tiga memang yang paling sulit diatasi.

Melihat tiga Penyebab laptop tidak bisa terhubung ke proyektor tersebut tentunya sedikit banyak sudah kita ketahui akar permasalahan ketika mengalami kendala laptop yang tak terhubung ke proyektor. Selain itu, apabila kita telusuri lebih jauh lagi, beberapa penyebab terkait dengan masalah laptop yang tak bisa terintegrasi dengan proyektor tersebut, tampaknya juga tak lepas dari proyektornya juga. Di mana, dalam hal ini bisa dimungkinkan bahwa proyektornya mengalami kerusakan. Sehingga, tak hanya fokus pada kabel VGA dan laptopnya saja. Selanjutnya Begawei akan menjelaskan cara menghubungkan laptop ke proyektor secara lengkap.

Cara Menghubungkan Laptop Windows Ke Proyektor

Cara Menghubungkan Laptop ke Proyektor

Nah, setelah kita tahu beberapa penyebab masalahnya, kini pada segmen kali ini Begawei akan mengajak kawan-kawan semua untuk mengetahui cara menghubungkan laptop ke proyektor. Untuk langkah-langkahnya sendiri, simak saja ulasannya di bawah ini!

Cara Menghubungkan Laptop pada Windows 8 dan 10

  1. Cara menghubungkan laptop ke proyektor pada Windows 8 dan 10 yang pertama perlu dilakukan yaitu dengan masuk pada menu Display Setting. Caranya, klik kanan pada layar desktop kemudian, pilih Display Setting. Cara ini berlaku dan biasanya diterapkan pada Windows 10.
  2. Jika sudah maka langkah selanjutnya, nanti akan muncul dialog baru. Cari opsi Display dan klik menu tersebut.
  3. Selanjutnya, cari dan klik juga menu bernama Advanced Display Setting lalu pilih opsi Advanced Settings of Text and Other Item.
  4. Nah, menginjak pada tahapan cara menghubungkan laptop ke proyektor pada Windows 8 dan 10 berikutnya, akan muncul halaman Control Panel. Pada halaman ini, pilih menu Project to a Second Screen yang berada pada sebelah kiri atas dari halaman. Kemudian pilih Duplicate.

Cara Menghubungkan Laptop ke Proyektor di Windows 7

  1. Pertama, cara menghubungkan laptop ke proyektor di windows 7 ini, teman-tman harus mengklik menu Start kemudikan klik Control Panel.
  2. Berikutnya, akan ada beberapa pilihan menu. Teman-teman cari pada menu Hardware and Sound. Jika sudah ketemu maka klik Connect to a Projector. Maka, nantinya akan muncul tampilan dialog baru.
  3. Nah, pada tampilan baru ini akan ada 4 macam pilihan. Yaitu, Computer Only, Duplicate, Extend, dan Projector Only. Dari keempat pilihan tersebut, teman-teman bisa memilih tampilan mana yang sesuai dengan kebutuhan. Namun, dalam hal ini Begawei sarankan memilih Duplicate supaya tampilannya terlihat dai laptop dan projector.
  4. Sampai di sini, selesai sudah penerapan cara menghubungkan laptop ke proyektor di windows 7.

Bagaimana teman? Tak terlalu sulit kan cara menghubungkan laptop ke proyektor ini? Jika langkah-langkah yang Begawei jelaskan di atas dilakukan secara urut dan benar maka dipastikan hasilnya akan memuaskan. Sementara itu, dari kedua cara di atas, perbedaan terletak pada tahapan langkah-langkahnya mengingat kedua Windows memiliki sistem yang berbeda, baik Windows 7 maupun Windows 8/10/. Sudah siap untuk mempraktekkan cara menghubungkan laptop ke proyektor ini sendiri di rumah?

Cara Menghubungkan Laptop Ke Proyektor Dengan Kabel VGA

Nah, itulah tadi beberapa langkah dari penerapan cara menghubungkan laptop ke proyektor dengan beberapa penyebab masalah laptop yang tidak terhubung ke projector. Tentu saja, dengan kita mengetahui beberapa langkah-langkah penerapan penyambungan laptop ke projector maupun penyebab masalahnya, dipastikan kita akan lebih tahu cara mengatasi kendala yang terjadi sewaktu-waktu dibutuhkan. Sampai di sini dulu perjumpaan kita ya kawan. Semoga saja, topik mengenai cara menghubungkan laptop ke proyektor ini bisa memberi manfaat dan bisa dijadikan salah satu referensi bagi teman-teman semua. Sekian dan selamat mencoba ya kawan. Jangan lupa baca juga mengenai Cara Menghubungkan Laptop ke TV Menggunakan Kabel HDMI dan Cara Menggunakan WhatsApp Web.

Top