Cara Memperbaiki Harddisk Eksternal yang Rusak dengan Mudah

Cara Memperbaiki Harddisk Eksternal – Cara memperbaiki hdd eksternal kemungkinan menjadi hal yang paling dicari oleh orang ketika menjumpai keadaan dimana harddisk eksternal pada perangkat yang mereka gunakan rusak atau tidak bisa dibaca. Harddisk atau yang lebih populer dengan singkatan HDD adalah satu komponen perangkat keras yang mempunyai piringan magnetis dengan fungsi sebagai media penyimpanan data sekunder. Harddisk yang juga dikenal dengan portable drive ini menawarkan opsi alternatif bagi mereka yang memerlukan ruang penyimpanan tambahan untuk menampung lebih banyak file yang kemungkinan kurang bisa diakomodasi dengan komputer atau laptop yang digunakan sehingga ketika rusak, banyak orang yang mencari cara memperbaiki harddisk eksternal ini di internet. Biasanya jenis file yang disimpan dalam harddisk ini adalah file-file yang memiliki ukuran besar sehingga memakan banyak tempat jika disimpan dengan menggunakan komputer atau laptop. Meski menggunakan harddisk sebagai media penyimpanan tambahan memiliki keuntungan tersendiri, namun masalah pun tak jarang menghampiri seperti harddisk yang kemudian tidak bisa berfungsi dengan optimal. Jika sudah begini, maka memang sangat penting untuk mengetahui cara memperbaiki harddisk eksternal yang rusak. Pemakaian harddisk ini menjadi salah satu alternatif selain juga penyimpanan cloud yang saat ini memang sedang digalakan. Pasalnya, hardisk selain harganya lebih terjangkau juga cukup aman untuk dipakai.

Cara Memperbaiki Harddisk Eksternal

Mau tak mau cara memperbaiki harddisk eksternal yang tidak terbaca memang harus diketahui terutama bagi sobat yang cenderung lebih percaya untuk menggunakan perangkat ini untuk menyimpan file tambahan. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat sekali jika sewaktu-waktu terjadi masalah pada media penyimpanan ini sehingga sobat bisa mengatasi masalah ini sendiri tanpa bantuan orang lain atau membawanya ke tukang servis yang biasanya akan menghabiskan banyak uang. Masalah yang menimpa harddisk ini bisa bermacam-macam jenisnya. Yang paling umum terjadi adalah harddisk tersebut tidak terdeteksi ketika dipasangkan ke dalam komputer atau laptop. Kemunculan notifikasi secara tiba-tiba yang mengharuskan pengguna mencari cara memperbaiki hdd eksternal ini. Kondisi seperti ini tentu akan menjadi masalah tersendiri terutama jika pengguna harddisk menyimpan file-file penting di dalamnya. Apabila sobat belum mengetahui cara memperbaiki hardisk yang benar, maka sobat harus siap-siap untuk merelakan file-file tersebut hilang dari media penyimpanan yang satu ini. Untuk menghindari dampak buruk seperti ini, Begawei akan memberikan tips tentang cara memperbaiki harddisk eksternal yang bermasalah.

Cara Memperbaiki Hdd Eksternal

Penyebab Harddisk Eksternal Rusak

Berikut ini merupakan sejumlah faktor yang bisa menjadi penyebab harddisk eksternal rusak:

  • Salah satu penyebab harddisk eksternal rusak adalah terjadinya kesalahan pada file sistem yang ada di perangkat penyimpanan ini. Hal ini biasanya akan ditandai dengan tidak terdeteksinya harddisk tersebut ketika dimasukkan ke dalam PC.
  • Kebiasaan mencabut harddisk secara paksa juga bisa mengakibatkan kerusakan pada harddisk eksternal dan biasanya kerusakan hal ini akan terindikasi ketika muncul notifikasi jika harddisk harus diformat.
  • Pasokan daya yang kurang juga sangat mungkin penyebab hdd eksternal rusak.
  • Kerusakan fisik pada harddisk sendiri misalnya port USB yang bermasalah juga bisa menyebabkan perangkat ini tidak bisa berfungsi dengan baik, namun hal ini jarang terjadi.
  • Faktor-faktor di luar harddisk pun bisa menjadi penyebab harddisk eksternal rusak ini. Sebagai contohnya ketika terjadi masalah pada driver windows.

Penyebab hdd eksternal rusak ini bisa berbeda-beda sehingga ada baiknya jika sobat mengidentifikasi terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada harddisk eksternal untuk benar-benar mengetahui penyebabnya. Dengan begitu, sobat bisa mencari solusi yang paling tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Setelah tahu berbagai macam sebab kerusakan pada harddisk, maka selanjutnya sobat akan mengetahui cara memperbaiki harddisk eksternal tersebut.

Cara Memperbaiki Harddisk Eksternal Yang Rusak

Cara Memperbaiki Harddisk Eksternal

Berikut ini langkah-langkah cara memasukkan harddisk eksternal:

  1. Langkah pertama cara memperbaiki harddisk eksternal yaitu, lakukan terlebih dahulu pengecekan dengan cara memasukkan harddisk eksternal ke port USB yang ada pada PC.
  2. Apabila harddisk eksternal sudah dikenali namun belum terlihat di Windows Explorer, maka tinggal tekan tombol “Windows+R” pada keyboard secara bersamaan dan ketika kotak dialog Query “Run” ditampilkan, ketiklah “diskmgmt.msc”. Proses ini dilakukan untuk membuka Disk Management. Lanjutkan dengan menekan enter untuk ke proses yang selanjutnya.
  3. Walaupun harddisk eksternal tidak bisa terbaca di Windows Explorer, namun biasanya jika membuka Disk Management maka harddisk tersebut akan terlihat.
  4. Pada Disk Management ini, sobat bisa melakukan format, mengatur ulang konten dari partisi, bahkan juga merubah nama drive yang sebelumnya tidak terdeteksi.
  5. Cara memperbaiki hdd eksternal yang berikutnya adalah dengan memasukkan harddisk ini ke dalam port USB yang berbeda. Jika setelah dipindah harddisk bisa terbaca pada Windows Explorer, maka ini menandakan bahwa yang bermasalah adalah port USB yang sebelumnya.
  6. Kemudian, cek drive manager dengan cara menekan tombol “Windows” pada keyboard dan tuliskan “device manager” pada kolom pencarian, lanjutkan dengan menekan enter.
  7. Lalu, langkah terakhir dari cara memperbaiki harddisk eksternal adalah search disk drive dan amati apakah ada tanda seru di sebelahnya, jika ada maka berarti masalah yang terjadi berkaitan dengan drive. Jika drive yang bermasalah, maka tinggal instal ulang driver USB.

Di atas merupakan salah satu cara memperbaiki hdd eksternal yang rusak karena tidak bisa terbaca pada PC. Cara yang dipakai untuk mengatasi masalah seperti ini ada banyak, salah satunya adalah dengan menggunakan Disk Management. Memperbaiki harddisk dengan cara ini sekaligus bisa digunakan untuk mengidentifikasi apakah kerusakan yang terjadi pada harddisk berkaitan dengan port ataupun drive.

Cara Memperbaiki Hdd Eksternal Yang Tidak Terbaca

Cara memperbaiki harddisk eksternal yang bermasalah ternyata tak sesulit yang dibayangkan, bukan? Jika setiap langkah yang telah Begawei paparkan di atas dipraktikkan dengan benar, maka harddisk yang sebelumnya tidak terbaca ketika dimasukkan ke dalam komputer akan bisa diperbaiki dengan mudah. Dengan begitu, sobat tak perlu khawatir lagi akan kehilangan file-file penting yang disimpan dalam harddisk tersebut. Sekian dulu informasi tentang cara memperbaiki harddisk eksternal yang bisa Begawei bagikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Jangan lupa baca juga mengenai Cara Menghapus Virus dengan CMD dan Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak.

Top