Cara Cek RAM Laptop Windows dengan Mudah

Cara Cek RAM Laptop – Meski mengetahui kondisi RAM laptop memang terkadang diperlukan, namun masih banyak pengguna dari perangkat ini yang belum mengetahui cara cek RAM laptop. Para pengguna gadget tentu sudah sangat familiar dengan istilah RAM, bukan? RAM yang merupakan singkatan dari Random Access Memory adalah perangkat keras (hardware) yang biasanya bisa ditemukan pada laptop maupun PC. RAM yang ada pada perangkat ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan data yang bersifat sementara, sebelum data tersebut diproses oleh CPU dan ditampilkan oleh perangkat itu. Karena RAM memiliki peranan yang cukup penting pada laptop, maka komponen ini merupakan salah satu yang harus sering dicek untuk memastikan kinerjanya. Cara cek RAM laptop penting untuk dilakukan agar bisa mengetahui kapasitas yang masih tersedia di dalamnya. Dengan begitu, kita akan bisa mengetahui seberapa tangguh RAM tersebut untuk mendukung kinerja operasional yang dijalankan. Meski begitu masih juga banyak pengguna laptop yang belum sadar tentang pentingnya hal ini, sehingga jika kinerja laptop mulai melambat pengguna lebih suka untuk langsung uninstall program berat dibandingkan dengan melakukan pengecekan pada bagian RAM terlebih dahulu, padahal jika kawan mengetahui cara cek RAM laptop sendiri, kawan tidak perlu buru-buru uninstall program jika laptop melambat.

 Cara Cek RAM Laptop

Dengan mengetahui cara cek RAM laptop, maka ada beberapa keuntungan yang sebenarnya bisa kita peroleh. Proses ini akan membantu Sobat untuk mengetahui jenis aplikasi apa saja di dalam perangkat tersebut yang sudah sesuai dengan spesifikasi laptop. Game berat dan aplikasi desain grafis biasanya merupakan jenis program yang paling banyak memakan kapasitas RAM. Jika Sobat memiliki program-program ini, maka pilihan untuk meningkatkan kembali kinerja laptop adalah dengan menghapus aplikasi-aplikasi tersebut atau menambah kapasitas RAM pada laptop. Cara cek RAM laptop sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan dan bisa dicoba jika mendapati laptop yang digunakan menunjukkan penurunan kinerja. Laptop dengan kapasitas RAM 1 GB atau 2 GB biasanya sudah cukup baik untuk mendukung kinerja standar, namun jika laptop digunakan secara terus menerus tentu kapasitasnya akan berkurang karena terpakai oleh program-program yang sering diakses. Tak hanya berfungsi untuk mengetahui kapasitasnya saja, namun proses pengecekan ini juga akan mengetahui kerusakan yang mungkin terjadi pada komponen tersebut. Karena hal ini penting untuk dilakukan, maka Begawei akan membantu Sobat untuk mengetahui cara cek RAM laptop.

 Cara Cek RAM Laptop Dengan Mudah

Cara Melihat Spesifikasi Laptop

Berikut ini adalah cara melihat spesifikasi laptop dengan memakai Speccy:

  • Sebelum memulai cara cek RAM laptop, Anda perlu melakukan cara melihat spesifikasi laptop terlebih dahulu dengan mengunduh software Speccy ini.
  • Setelah proses mengunduh software selesai, installah software ini pada laptop yang Sobat gunakan.
  • Ketika proses penginstallan software selesai dilakukan, Sobat bisa langsung membuka software Speccy ini untuk dapat melakukan cara melihat spesifikasi laptop dengan melihat informasi mengenai spesifikasi CPU laptop secara lebih rinci.
  • Pada tab summary yang ada di software tersebut, akan terlihat dengan detail seperti apa spesifikasi prosesor yang ada di laptop Sobat semua. Nah sampai disini cara melihat spesifikasi laptop selesai.

Di atas adalah cara melihat spesifikasi laptop yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan software bernama Speccy. Hanya dengan berbekal menginstall software tersebut pada laptop yang digunakan, Sobat bisa mengetahui spesifikasinya secara langsung. Software Speccy ini bisa menjadi pilihan jika Sobat ingin mengetahui spesifikasi laptop dengan mudah dan tanpa proses ribet. Berikutnya, Begawei akan memberikan cara cek RAM laptop lain yang juga tak kalah mudah.

 Cara Cek RAM Laptop Windows

Cara Cek RAM Laptop

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang diperlukan untuk melakukan pengecekan RAM dengan mudah:

  1. Langkah pertama cara cek RAM laptop adalah, jika ingin melakukan pengecekan RAM, Sobat bisa mengawalinya dengan cara klik menu “Start” atau bisa juga dengan cara menekan tombol “Windows+R” pada keyboard laptop secara bersamaan.
  2. Biasanya setelah itu, kotak dialog Run akan ditampilkan, jika sudah maka ketiklah “dxdiag”.
  3. Cara cek RAM laptop selanjutnya adalah dengan memilih opsi “OK” pada kotak dialog yang muncul atau untuk lebih simpelnya tekan tombol Enter pada keyboard.
  4. Setelah masuk pada dxdiag, maka Sobat biasanya akan diarahkan ke menu “System”.
  5. Setelah itu, menu ini akan menampilkan informasi tentang RAM laptop yang sedang digunakan tak terkecuali dengan kapasitas RAM yang masih tersedia. Informasi ini akan muncul dengan sendirinya jika langkah-langkah cara cek RAM laptop dari urutan pertama hingga keempat sudah dilakukan dengan benar.

Itulah tahapan cara cek RAM laptop untuk mengetahui kapasitas yang masih tersedia di dalamnya. Tahapan di atas merupakan cara untuk melakukan pengecekan kapasitas RAM secara manual sehingga memang tanpa menggunakan aplikasi atau software tertentu. Meski begitu, prosesnya pun tak begitu rumit dan cukup mudah untuk dilakukan. Jika setelah melakukan langkah-langkah cara cek RAM laptop tersebut hasilnya menunjukkan jika laptop yang Sobat gunakan hanya menyisakan kapasitas RAM sedikit, maka ada dua pilihan yang bisa Sobat lakukan. Pertama, Sobat bisa melakukan penghapusan pada file-file yang sudah jarang digunakan atau tidak terlalu penting pada laptop. Kedua, jika program-program yang mengonsumsi cukup banyak kapasitas RAM ini merupakan jenis program yang penting, maka Sobat bisa memilih untuk memperbesar ukuran RAM yang dipakai sehingga bisa mengakomodasinya.

 Cara Cek RAM Laptop Rusak

Nah, ternyata cara cek RAM laptop tak sesulit yang dibayangkan, bukan? Sekarang Sobat tak perlu khawatir lagi jika kinerja laptop tiba-tiba mulai melambat. Karena hanya dengan mempraktikkan apa yang telah Begawei paparkan di atas, Sobat bisa segera melakukan pengecekan pada RAM untuk mengetahui apakah penurunan kinerja laptop ini disebabkan oleh kapasitas RAM yang berkurang atau karena faktor yang lain. Sampai di sini dulu tips cara cek RAM laptop yang bisa Begawei bagikan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba. Jangan lupa baca juga mengenai Cara Memperbaiki Harddisk Eksternal dan Cara Membuka Youtube yang Diblokir.

Top