Cara Cek MAC Address di Komputer dan Android dengan Mudah

Cara Cek MAC Address – Bagi kawan yang menggunakan perangkat jaringan dalam keseharian sudah tahukah cara cek MAC Address? Mungkin memang belum banyak pengguna perangkat yang mengetahui tentang istilah ini. Untuk itu, sebelum Begawei menjelaskan lebih lanjut, perlu diketahui MAC Address yang merupakan singkatan dari Media Access Control Address adalah kode unik yang berfungsi sebagai identitas dari sebuah perangkat jaringan atau interface network yang menggunakan controller ataupun wireless controller. Bada banyak jenis perangkat jaringan yang memiliki MAC Address diantaranya adalah WiFi, Ethernet, modem, serta Bluetooth. Nah, jika kawan memiliki salah satu atau beberapa perangkat tersebut maka penting untuk dapat mengetahui cara cek MAC Address. Karena setiap perangkat jaringan mempunyai identitas yang berbeda maka MAC Address yang ada pada satu perangkat jaringan tidak akan memiliki kesamaan dengan yang lain. Kode yang unik ini juga populer dengan sebutan Ethernet Address dan physical address. Cara untuk mengetahui MAC Address ini pun bisa dilakukan baik menggunakan laptop atau komputer maupun perangkat lain yang berbasis Android. MAC Address biasanya terdiri dari kode unik yang menggunakan sistem 48 bit atau 6 byte. Semua jenis perangkat yang terhubung dengan suatu router juga pasti akan dilengkapi dengan MAC Address. Nah, bagaimanakah sebenarnya tahapan dalam melakukan cara cek MAC Address?

Cara Cek MAC Address

Cara cek MAC Address memang menjadi hal yang cukup penting untuk diketahui bagi manusia masa kini yang tidak bisa lepas dari jaringan internet. Hal ini karena terkadang ketika sedang menggunakan suatu perangkat, ada aktivitas yang mengharuskan untuk memberikan informasi yang berhubungan dengan kode unik pada jaringan tersebut. Kondisi seperti ini biasanya terjadi saat kita sedang online dengan memanfaatkan layanan hotspot di suatu tempat. Terkadang orang tidak langsung menggunakan layanan hotspot tersebut sehingga harus mendaftarkan terlebih dahulu pada institusi yang bersangkutan dalam rangka untuk mendapatkan username. Nah, username inilah nantinya yang akan dipakai untuk bisa login ke layanan hotspot yang disediakan tersebut. Ketika melakukan pendaftaran Kawan seringkali akan diminta untuk memberikan MAC Address. Hal ini tentu akan cukup membingungkan terutama jika Kawan belum mengetahui cara cek MAC Address pada perangkat yang dipakai. Namun sebenarnya hal tersebut bukanlah masalah yang besar sebab mengecek kode unik jaringan ini bisa dengan mudah diketahui pada berbagai perangkat yang terhubung dengan Ethernet. Nah, kali ini Begawei akan memberikan sedikit bantuan pada Kawan yang belum tahu tentang cara cek MAC Address.

Cara Cek MAC Address Laptop

Cara Cek MAC Address Laptop dan komputer

Berikut ini adalah langkah-langkah Cara cek MAC address komputer dan laptop:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan dalam cara cek MAC address Laptop dan komputer adalah munculkanlah terlebih dahulu jendela Run pada desktop dengan cara menekan tombol “Windows+R” pada keyboard secara bersamaan.
  2. Apabila kotak dialog jendela Run telah muncul pada layar, langsung ketikan “cmd” dan lanjutkan dengan klik opsi OK atau bisa juga menekan tombol enter pada keyboard.
  3. Setelah itu, akan muncul jendela command prompt. Pada langkah ini ketik lah “getmac/v”.
  4. Ketika ketiga langkah cara cek MAC address komputer dan laptop di atas telah dilakukan, maka informasi mengenai MAC Address akan ditampilkan dan Kawan bisa MAC pada jenis perangkat yang akan dibutuhkan.
  5. Bagian sebelah kiri biasanya akan memperlihatkan Connection Name. Opsi Ethernet berarti menunjukkan LAN Card, sedangkan opsi WiFi merujuk pada WiFi atau WLAN yang diperlukan oleh hotspot. Opsi Bluetooth sendiri yang dimaksud adalah perangkat Bluetooth yang ada di laptop atau komputer.
  6. MAC Address yang muncul pada cara cek MAC address laptop dan komputer biasanya meliputi kombinasi antara angka dan huruf yang jumlahnya 12 karakter.
  7. Jika Kawan ingin mengetahui informasi tentang MAC Address serta identitas jaringan secara lebih detail pada perangkat yang digunakan, maka ketika jendela command prompt ditampilkan pada layar, Kawan bisa mengetikkan “ipconfig/all”.

Di atas merupakan tahapan cara cek MAC address laptop dan komputer. Meskipun masing-masing laptop atau komputer memiliki MAC Address yang berbeda, namun tahapan untuk melakukan pengecekan tetap sama. Kawan bisa memakai perintah “getmac/v” pada jendela command prompt atau bisa juga dengan jendela “ipconfig/all” untuk mendapatkan informasi yang lebih detail terkait dengan identitas jaringan suatu perangkat. Selanjutnya, Begawei akan menjelaskan cara cek MAC Address Android.

Cara Cek MAC Address Komputer

Cara Cek MAC Address Android

Berikut ini merupakan proses cara cek MAC Address Android:

  1. Langkah pertama cara cek MAC Address Android yang harus kawan lakukan adalah, buka menu Settings atau pengaturan pada perangkat Android yang digunakan.
  2. Lalu, masuk ke WiFi. Setelah beberapa saat biasanya layar perangkat akan menampilkan daftar nama WiFi maupun jaringan terdekat yang bisa dihubungkan dengan perangkat yang Kawan sedang pakai.
  3. cara cek MAC Address Android yang selanjutnya adalah klik menu yang terdapat di bagian pojok kanan atas dan lanjutkan dengan memilih opsi Advance.
  4. Ketika sudah masuk pada bagian Advance, Kawan bisa memilih opsi WiFi jika ingin mengecek MAC Address WiFi pada perangkat Android tersebut. Geser layar ke bawah hingga Kawan berhasil menemukan MAC Address yang dicari. Cara mengetahui MAC Address Bluetooth di perangkat Android pun sama dengan cara cek MAC Address Android untuk Wi-Fi, bedanya Kawan hanya perlu memilih opsi Bluetooth terlebih dahulu sebelum menemukan MAC Address tersebut.

Itulah langkah-langkah cara cek MAC Address Android untuk jaringan Wi-Fi maupun jaringan Bluetooth. Cara melakukan pengecekan MAC Address pada Android memang memiliki tahapan yang berbeda dengan cara pengecekan melalui laptop atau komputer. Namun, MAC Address yang akan ditampilkan tetaplah sama, yaitu perpaduan antara huruf dan angka yang berjumlah 12 karakter.

Cara Cek MAC Address Android

Nah, cara cek MAC Address pada perangkat yang terkoneksi dengan suatu jaringan ternyata bisa dilakukan dengan mudah, bukan? Kini Kawan tak perlu kebingungan lagi jika sewaktu-waktu diminta memberikan informasi tentang MAC Address sebagai syarat untuk bisa menggunakan layanan jaringan tertentu. Pasalnya, kawan sudah bisa mengeceknya sendiri baik melalui laptop atau komputer maupun perangkat Android. Sampai di sini dulu ya informasi tentang cara cek MAC Address yang bisa Begawei sampaikan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kawan-kawan semua. Jangan lupa, simak juga informasi lainnya mengenai Cara Menghapus Virus dengan CMD dan Cara lacak orang Lain Dengan iPhone .

Top