Apple Bakal Bangun 3 Pabrik di AS, Benarkah?

Apple Bakal Punya 3 Pabrik di Amerika – Kabar mengejutkan datang dari Negeri Paman Sam. Di mana, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan bahwa Apple telah sepakat untuk membangun pabrik produksi iPhone di dalam negeri. Menurut Trump, nantinya akan ada tiga pabrik yang akan dibangun. Sebelumnya, iPhone dan gadget Apple lainnya hanya diproduksi di China.

Apple Bakal Punya 3 Pabrik Di Amerika

“Saya sudah bicara dengan (CEO Apple) Tim Cook. Dia berjanji akan membangun tiga pabrik besar -besar, besar, besar,” ujar Donald Trump dalam sebuah wawancara dengan Wall Street Journal.

Di sisi lain, Presiden Amerika Serikat tersebut juga mengungkapkan “Saya bilang, ‘Anda tahu, Tim,saya tidak akan menyebut periode jabatan saya mengalami kesuksesan kecuali Anda mulai membangun pabrik di dalam negeri.’ Lalu dia menelepon saya dan bilang akan melakukannya,” imbuhnya.

Sementara itu, dalam laporan lain yang dikutip dari Reuters pada Rabu (26/7/2017) yang mana berita tersebut tidak menjelaskan lebih rinci mengenai lokasi dan waktu pembangunan pabrik tersebut. Akan tetapi, beberapa bulan sebelumnya, tepatnya pada Mei 2017 lalu, Tim Cook sempat mengatakan bahwa pihak Apple telah berencana untuk menanamkan dana sebesar 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 13,3 triliun untuk perusahaan manufaktur dalam negeri. Bahkan, Tim Cook sendiri juga mengungkap niatnya untuk menyuplai dana program yang bertema pemrograman aplikasi. Namun, di pihak Apple sendiri diketahui justru belum mengeluarkan pernyataan resmi atau konfirmasi apapun yang berkaitan dengan pembangunan pabrik barunya di AS.

Di lain sisi, Donald Trump selama menjabat jadi orang nomor satu di Negeri Paman Sam ini kerap mengkritik Apple terlalu mengandalkan pabrik dan pekerja di luar AS dalam memproduksi perangkat-perangkatnya. Maka dari itu, pada masa awal pengangkatannya sebagai Presiden AS, Donald Trump sempat meminta Apple untuk segera membangun pabrik terbaiknya di dalam negeri.

Berkaitan dengan permintaan sang presiden tersebut, Apple pun akhirnya menjawab dengan membuka data mengenai berbagai kontribusi perusahaan terhadap penciptaan lapangan pekerjaan di AS.

Terlepas dari kabar tersebut, Tim Cook sendiri pada Februari 2017 lalu juga sempat mengatakan bahwa Apple telah menghabiskan 50 miliar dollar AS atau sekitar Rp 666,6 triliun untuk urusan penyediaan bahan baku dari AS. Hal itu juga tak lepas dari kontrak Apple kontrak dengan perusahaan manufaktur untuk membuat semua produknya. Di mana, raksasa teknologi asal Negeri Hollywood tersebut hanya memiliki pabrik tunggal saja yang berlokasi di Irlandia.

Top