Unik..!! Ini Alasan Netizen Indonesia Gunakan “Wkwk” Saat Tertawa.

Dibalik Kata “Wkwk” untuk Ekspresi Tertawa Netizen Indonesia – Pengguna internet khususnya di Indonesia memakai kata yang bisa dikatakan cukup unik untuk menggambarkan ekspresi tertawa. Netizen kerap kali memakai kata “wkwk” (dibaca weka-weka) sebagai bentuk ekspresi gembira, senang, atau geli ketika menggunakan internet.

Dibalik Kata Wkwk Untuk Ekspresi Tertawa Netizen Indonesia

Penggunaan kata “wkwk” di Indonesia ini memang unik sebab warga dunia pada umumnya menggunakan istilah “laugh out loud” yang populer dengan bentuk singkat lol atau haha untuk mengekspresikan keadaan tertawa. Kata “Wkwk” ini pun kabarnya hanya digunakan oleh pengguna internet di Indonesia saja.

Yang menjadi pertanyaan adalah dari maka kata “wkwk” ini sebenarnya berasal? Pertanyaan tersebut baru-baru ini muncul di situs tanya jawab Quora. Para pengguna situs ini yang berasal dari Indonesia pun tampak bersemangat untuk menjawab pertanyaan yang menarik ini.

Salah satu pengguna situs Quora bernama Dio Wijayanto Nugroho menyebutkan jika kata “wkwk” sebenarnya berasal dari sebuah komunitas game online.

Menurut ┬áDio, pada mulanya para pemain lebih suka untuk memakai kata “gua” dibandingkan dengan kata “saya”. Seiring berjalannya waktu, kata “gua” pun berganti menjadi “gw” karena kabarnya lebih mudah untuk diketik. Pasalnya, untuk menulis “gw” pemain hanya perlu mengetik dua huruf saja.

Perubahan tak hanya terjadi pada kata tersebut tetapi juga pada ekspresi tertawa. Penggunaan kata “haha” dirasa terlalu formal di dunia game sehingga pemain lebih memilih untuk memakai kata “huehue” dan “huahua” untuk menunjukkan ekspresi tertawa.

Mirip dengan bentuk kata “gua” yang menjadi “gw”, huruf “u” yang terdapat pada “huehue” dan “huahua” juga berubah menjadi “w”. Dengan begitu, pemain kemudian lebih menyukai untuk memakai kata “hwhwhw”.

Lalu, kata tersebut dirubah lagi menjadi “wkwk” dengan dalih bahwa kata ini lebih mudah diketik ketimbang “haha”.

Pemain game online bisa mengetikkan huruf “w” tanpa harus menggerakkan tangan kiri serta mengetikkan huruf “k” tanpa menggerakkan kanan. Dengan inilah kata “wkwk” kemudian tercipta.

Pengguna Quora lainnya, Johannes Sulistyo menambahkan para pemain game pada waktu itu juga suka mengetik “ka-ka-ka” untuk ekspresi tertawa sarkastik yang diambil dari “ngakak”.

Kemudian, kata “ka-ka-ka” ini digantikan dengan “wakaka” dan disederhanakan lagi menjadi “wkwk”.

 

Top