Netizen Indonesia Suka Belanja Online Saat Sahur

Peningkatan Belanja Online di Bulan Ramadhan – Dibulan Ramadhan yang suci ini, aktivitas belanja online nampaknya semakin meningkat. hal tersebut diungkap oleh salah satu ecommerce terbesar di Indonesia, Bukalapak yang melansir adanya perubahan aktivitas belanja konsumen selama bulan puasa. Co-Founder dan CFO Bukalapak Muhammad Fajrin Rasyid menyebutkan, selama Ramadan, ada waktu-waktu tertentu yang diantisipasi terjadi lonjakan trafik.

Peningkatan Belanja Online Di Bulan Ramadhan

Menurutnya, perubahan tersebut terjadi pada waktu-waktu tertentu dimana aktivitas konsumen berubah. Konsumen paling sering berbelanja online di hari kerja, dengan trafik tertinggi pada jam 1-2 siang. Sementara itu, pada jam 7 malam akan sedikit turun dikarenakan konsumen sedang melakukan aktivitas berbuka puasa dan beribadah.

“Selama Ramadan di jam buka puasa itu drop. Di jam setelah tarawih, di atas jam 9 malam melonjak lagi. Kemudian terjadi lagi peningkatan dan lonjakan di jam-jam sahur, sekitar pukul 3 sampai jam 5 pagi,” ungkapnya.

Selain itu, yang cukup menarik adalah selama dua tahun terakhir, aktivitas belanja online melalui smartphone atau mobile jumlahnya sudah melampaui desktop. Hal tersebut tentu tak lepas dari kondisi saat ini dimana konsumen lebih memilih mengakses internet dan melakukan berbagai aktivitas termasuk belanja online melalui smartphone.

Pihaknya juga mengungkapkan jika tren kenaikan trafik Bukalapak selama Ramadhan umumnya akan terjadi 2 minggu sebelum Lebaran. Hal tersebut disinyalir karena banyak konsumen yang baru mendapat Tunjangan Hari Raya (THR). “Barang yang paling banyak dibeli itu nomor satu dari kategori fashion, makanan dan kue-kue lebaran, dan terakhir adalah barang elektronik terutama gadget. Banyak yang dapat THR beli gadget baru,” terangnya.

Nah, untuk mengantisipasi kenaikan trafik yang biasanya akan terjadi pada akhir bulan Ramadhan tersebut, Bukaplapak pun mempersiapkan tambahan SDM dan juga memperkuat sistem agar tidak terjadi down ketika situs ecommerce tersebut diakses banyak pengunjung.

“Peningkatan dibandingkan normal sejauh ini masih 23%. Puncaknya akan terjadi dua pekan jelang Lebaran ketika orang udah pada dapat THR, mungkin bisa sampai 50%,” ungkap Fajrin yang Begawei kutip dari inet.detik.com.

Top