Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Sendiri dengan Mudah

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop – apakah kawan-kawan sedang mencari-cari cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak? Jika benar, maka kunjungan ke Begawei kali ini sangat tepat. Terkadang mau tidak mau para pemilik laptop berurusan dengan keyboard yang bermasalah sehingga pekerjaannya dengan perangkat tersebut menjadi terganggu. Keyboard sendiri memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah laptop karena berfungsi untuk memasukkan perintah ke dalamnya. Sehingga dampaknya jika terjadi kerusakan pada bagian ini, bisa dikatakan segala aktivitas yang dilakukan dengan laptop menjadi terhambat. Untuk itulah demi efisiensi waktu ketika terjadi kerusakan, penting untuk mengetahui cara memperbaiki keyboard laptop sendiri. Meski kini telah banyak tersedia berbagai jenis laptop yang dibekali dengan keyboard virtual maupun keyboard touchscreen untuk membuat pemakaiannya menjadi lebih fleksibel, namun tampaknya keyboard fisik memang belum bisa digantikan. Pasalnya, pengetikan yang dilakukan dengan keyboard fisik memang lebih mudah dan cepat untuk dilakukan. Namun, akibat pemakaian yang terlalu sering, sobat Begawei mungkin pernah mengalami gangguan dimana ketika tombol suatu huruf di keyboard ditekan, maka yang muncul di layar laptop justru huruf yang berbeda. Kondisi tersebut merupakan salah satu indikasi jika keyboard pada laptop kawan mengalami gangguan. Jika terjadi kondisi seperti ini, kawan tentu akan mencari cara memperbaiki keyboard laptop sendiri atau membawanya ke tukang servis.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

Cara memperbaiki keyboard laptop yang error akan memiliki penanganan berbeda, tergantung penyebab kerusakan yang terjadi pada keyboard laptop. Namun di antara banyak faktor yang bisa menyebabkan kerusakan pada bagian ini, debu dan kelembabanlah yang tampaknya menjadi sebab paling utama dari kerusakan keyboard laptop. Laptop yang jarang dibersihkan biasanya akan membuat debu terperangkap di sela-sela tuts keyboard sehingga membuatnya tidak bisa bekerja dengan baik. Laptop yang jarang digunakan dan disimpan dalam waktu yang lama juga biasanya akan memunculkan masalah yang membuat kawan mencari cara memperbaiki keyboard laptop sendiri. Kebiasaan pengguna pun juga bisa menjadi salah satu faktor yang bisa mengakibatkan terjadinya kerusakan pada keyboard laptop. Misalnya, saja menekan tuts keyboard tertentu atau kebiasaan mengetik yang terlalu keras. Hal ini biasanya akan membuat tuts keyboard terlepas atau bahkan patah. Nah, jika sudah terjadi kerusakan pada bagian ini, maka Sobat bisa membawa laptop ke tempat servis untuk diperbaiki oleh ahlinya maupun memperbaikinya sendiri. Berikut ini, Begawei akan memberikan beberapa tips tentang cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sehingga sobat bisa mengurangi ongkos untuk pergi ke tukang service.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak

Jenis Kerusakan Keyboard Laptop

Berikut ini merupakan jenis kerusakan keyboard laptop yang cukup sering terjadi:

  • Tuts keyboard yang tidak berfungsi ketika ditekan merupakan salah satu jenis kerusakan keyboard laptop yang cukup sering terjadi dan masalah ini biasanya bersifat permanen sehingga memang keyboard harus diganti agar bisa berfungsi seperti semula.
  • Selain tuts yang tidak berfungsi, tuts keyboard yang aktif terus juga mendatangkan masalah tersendiri. Bahkan ketika tidak ditekan pun, tuts tersebut masih aktif sehingga mengetik huruf sendiri. Jenis kerusakan keyboard laptop seperti ini umumnya menjadi indikasi bahwa ada kerusakan jalur pada keyboard tersebut.
  • Munculnya bunyi beeping saat dinyalakan juga menjadi indikasi kerusakan pada keyboard. Selain disebabkan karena adanya tuts keyboard yang aktif terus, beeping juga menjadi semacam tanda kerusakan permanen pada keyboard.
  • Jenis kerusakan keyboard laptop lain yang juga kerap terjadi adalah keluarnya banyak huruf ketika menekan satu tuts pada keyboard.

Itulah beberapa jenis kerusakan keyboard laptop yang sering terjadi dan dialami pengguna laptop. Sebelum sobat memperbaiki keyboard laptop, alangkah lebih baik jika Sobat semua mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis kerusakan pada bagian ini serta apa penyebabnya sehingga bisa menentukan langkah penanganan yang tepat untuk memperbaikinya. Langsung saja yuk kita simak beberapa cara memperbaiki keyboard laptop error!

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Error

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

Berikut ini adalah beberapa langkah cara memperbaiki keyboard laptop  yang rusak untuk mengatasi keyboard yang bermasalah:

  1. Jika Sobat belum tahu jenis masalah yang terjadi pada keyboard laptop maka cara memperbaiki keyboard laptop sendiri yang paling penting adalah melakukan diagnosis terlebih dahulu agar benar-benar tahu jenis kerusakannya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menekan semua tuts keyboard untuk mengetahui respons dari masing-masing. Jika tidak ada pengaruh pada tombol kunci, maka ini mengindikasikan terjadinya kerusakan pada perangkat lunak di laptop.
  2. Jika yang tidak berfungsi hanya tuts tertentu saja, cobalah untuk membersihkan keyboard dengan menggunakan kain serat yang sudah sedikit dibasahi. Untuk tuts yang macet, sobat bisa membukanya untuk membersihkan debu atau kotoran lain yang terperangkap di dalamnya.
  3. Apabila Sobat menemukan tuts yang sudah tidak bisa bekerja, maka cara memperbaiki keyboard laptop sendiri dalam hal ini adalah dengan melepas tuts. Caranya adalah dengan menarik secara perlahan kunci hingga terlepas dengan bantuan hook kecil. Angkat engsel plastik tuts, dan bersihkan bagian dalamnya. Kemudian, pasang kembali.
  4. Setelah keyboard dibersihkan, maka lakukanlah pengujian pada keyboard dengan menekan tuts yang sudah dipasang kembali. Keyboard yang kerusakannya terjadi karena debu setelah dibersihkan biasanya akan kembali seperti semula. Namun, jika ternyata masih belum juga berfungsi maka, tentu cara memperbaiki keyboard laptop sendiri yang terbaik adalah penggantian keyboard atau mungkin masalahnya bukan ada pada keyboard namun elemen laptop yang lain.

Itulah sejumlah cara memperbaiki keyboard laptop sendiri yang bisa Sobat sekalian coba.  Jika ternyata setelah melakukan cara-cara tersebut kawan masih gagal untuk membuat tuts keyboard pada laptop kembali bekerja sebagaimana mestinya, maka memang sebaiknya Sobat membawa laptop tersebut ke tempat service laptop agar masalahnya bisa ditangani secara lebih profesional. Pasalnya jika cara memperbaiki keyboard laptop sendiri kawan memiliki resiko gagal yang cukup besar, namun jika menyerahkan ke tukang servis resiko gagal lebih kecil meskipun harus mengeluarkan biaya lebih.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Tidak Berfungsi

Cara memperbaiki keyboard laptop sendiri pada umumnya bisa dilakukan untuk kerusakan-kerusakan yang tidak terlalu serius. Selain itu, memperbaiki kerusakan pada keyboard laptop sendiri juga menjadi solusi buat Sobat yang ingin menghemat biaya terkait dengan penggantian harga keyboard yang mahal. Nah, bagaimana apa kerusakan keyboard pada laptop Sobat sudah bisa terselesaikan dengan cara memperbaiki keyboard laptop sendiri yang Begawei sampaikan di atas? Sekian dulu ya tips dari Begawei. Baca juga mengenai Cara Menggunakan HTTP Injector dan Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak.

Teknologi Terkait

Daftar Perbandingan

Bandingkan
Hapus Semua
Bandingkan
0
Top