Cara Memasang Tempered Glass Sendiri dengan Benar

Cara Memasang Tempered Glass – Kawan-kawan pengguna Android mungkin sudah ada yang mengetahui cara memasang tempered glass. Pasalnya, keamanan sebuah layar smartphone memang menjadi salah satu masalah yang cukup diperhatikan oleh penggunanya. Terlebih untuk sekarang ini hampir sebagian besar smartphone sudah mengadopsi layar touchscreen sehingga layar tak hanya berfungsi untuk menampilkan visual namun untuk mengaplikasikan keyboard virtual. Sehingga jika terjadi sedikit saja kerusakan pada layarnya, maka aktivitas yang dilakukan dengan smartphone akan menjadi terganggu. Tak heran jika saat ini sudah banyak produk smartphone yang dilengkapi dengan sistem proteksi layar seperti Corning Gorilla Glass maupun scratch resistant glass agar keamanan dari layarnya lebih terjamin. Meski begitu cara memasang tempered glass ini tetap penting untuk diketahui, pasalnya di luaran Sobat Begawei pasti masih bisa menemukan berbagai produk screen protector lain yang bisa memberikan proteksi tambahan terutama untuk smartphone yang belum diberi proteksi layar secara built-in. Tempered Glass merupakan salah satu produk screen protector yang cukup populer saat ini. Berbeda dari kebanyakan jenis screen protector yang menggunakan bahan plastik atau film, tempered glass justru dibuat dari semacam material kaca yang bisa dibubuhkan di atas layar smartphone. Meskipun memiliki bahan material yang lebih tebal, cara memasang tempered glass ini tak jauh berbeda dengan screen protector biasa.

Cara Memasang Tempered Glass

Tempered glass sendiri disukai oleh banyak orang karena memang memiliki berbagai macam kelebihan. Selain proses cara memasang tempered glass ini yang dinilai cukup mudah, tempered glass dengan kualitas yang baik tidak akan menimbulkan serpihan-serpihan sehingga memang benar-benar memberikan proteksi tambahan pada layar smartphone. Dan yang menarik adalah, proteksi layar yang satu ini diklaim lebih tangguh dibandingkan Corning Gorilla Glass maupun Dragontail Glass karena mampu meningkatkan kekuatan layar ketika tertindih benda berat maupun ketika terbentur benda yang keras sehingga tidak mudah mengalami keretakan. Dengan sejumlah kelebihannya dan kemudahan cara memasang tempered glass tersebut, tak heran jika smartphone yang sudah hadir dengan proteksi layar sekalipun masih ditambahkan dengan tempered glass sehingga perlindungan pada bagian layarnya menjadi lebih maksimal. Tempered glass ini biasanya dijual secara terpisah dengan smartphone sehingga pemasangannya dilakukan secara manual. Nah, bagi Sobat yang tertarik untuk meningkat kemamanan layar smartphone dengan jenis proteksi yang satu ini, pada kesempatan yang satu ini Begawei akan memberikan tips tentang cara memasang tempered glass pada layar smartphone!

Cara Memasang Tempered Glass Dengan Mudah

Persiapan Sebelum Memasang Tempered Glass

Berikut ini adalah beberapa persiapan sebelum memasang tempered glass yang harus dilakukan kawan-kawan:

  • Membeli Tempered Glass

Persiapan sebelum memasang tempered glass pertama yang harus dilakukan tentu membeli tempered glass terlebih dahulu. Jika Sobat belum mahir memasang sendiri tak ada salahnya membeli dua buah untuk mengantisipasi jika pemasangan pertama gagal. Pastikan tempered glass yang dibeli sesuai dengan layar ponsel dan berlatihlah untuk memasangnya dalam kondisi lem yang belum dibuka.

  • Cari Tempat yang Tidak Berdebu

Memasang tempered glass lebih baik di lakukan di tempat yang bersih atau minim terkena debu. Untuk itulah penting dalam persiapan sebelum memasang tempered glass ini untuk mencari tempat yang tidak berdebu. Karena jika di sekeliling sobat berdebu, maka ini akan mempersulit pemasangan tempered glass. Jika pemasangan dilakukan di atas meja, maka pastikan meja tersebut telah lebih dahulu dibersihkan.

  • Membersihkan layar smartphone

Dalam setiap pembelian tempered glass biasanya akan disertakan lap basah dan lap kering. Pakailah lap basah untuk membersihkan layar kemudian selanjutnya keringkan layar dengan lap kering serta hindari menggunakan tisu untuk membersihkan layarnya.

  • Memakai dust absorber

Persiapan sebelum memasang tempered glass yang terakhir yakni menyiapkan dust absorber yang biasanya disertakan saat sobat membeli tempered glass. Dust absorber ini berguna untuk mengambil kotoran yang menempel pada layar smartphone. Jika tidak ada dust absorber, sobat bisa mengakalinya dengan memakai lakban bening yang memiliki kualitas baik.

Di atas merupakan hal-hal yang harus dilakukan sebagai persiapan sebelum memasang tempered glass. Langkah persiapan ini berguna untuk memastikan kebersihan layar smartphone sebelum proses pemasangan karena kebersihan layar sendiri merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam pemasangan tempered glass ini. Selanjutnya, langsung saja yuk kita intip bagaimana cara memasang tempered glass!

Cara Memasang Tempered Glass Sendiri

Cara Memasang Tempered Glass

Berikut ini adalah tahapan cara memasang tempered glass pada layar smartphone:

  1. Langkah pertama dari cara memasang tempered glass ini adalah, peganglah tempered glass pada bagian pinggirannya saja.
  2. Kemudian, posisikan tempered glass agar lubang-lubangnya sesuai dengan yang ada pada smartphone. Selain menyesuaikan dengan berbagai lubang pada smartphone, pastikan juga lebarnya sama, baik tidak terlalu ke kiri maupun ke kanan. Karena ketepatan pemasangan dalam cara memasang tempered glass ini merupakan hal yang penting, maka melakukan latihan pemasangan sebelum lem pada tempered glass di buka memang sebaiknya dilakukan.
  3. Lepaskan tempered glass dari pegangan dan biarkan menempel sendiri pada layar. Jika sobat yakin bahwa posisi tempered glass tersebut sudah sesuai dengan layar smartphone, tinggal lepaskan saja tempered glass dari pegangan sobat dan nantinya proteksi ini akan menempel dengan sendirinya tanpa perlu ditekan-tekan untuk membuatnya terpasang dengan kuat. Nah, sampai di sini cara memasang tempered glass ini telah selesai, dan layar smartphone kamu pun sudah terlindungi.

Itulah langkah-langkah cara memasang tempered glass yang harus diperhatikan oleh teman-teman. Lalu, bagaimana jika posisinya kurang pas? Tak perlu khawatir, prosesnya bisa diulang asalkan dilakukan secara hati-hati. Sobat bisa memakai plastik tipis untuk mencongkelnya dan membukanya secara perlahan agar tempered glass tidak pecah. Jika masih terdapat kotoran pada layarnya, bersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan dust absorber dan ulangi pemasangan. Lakukan proses cara memasang tempered glass ini dengan tenang dan tidak terburu-buru agar tidak gagal lagi.

Cara Memasang Tempered Glass Dengan Benar

Nah, itulah cara memasang tempered glass, cukup mudah bukan? Namun jika sobat sebelumnya belum pernah memasang tempered glass sendiri, maka mungkin akan sedikit merasa kesulitan sehingga membutuhkan kehati-hatian yang lebih. Asalkan dilakukan secara benar dan hati-hati, tentu membuat tempered glass terpasang pada layar smartphone secara sempurna pasti bisa dilakukan. Nah, sampai di sini dulu ya tips Begawei terkait cara memasang tempered glass. Jangan lupa baca juga ulasan lainnya mengenai Cara Menyelamatkan Smartphone yang Terendam Air dan Cara Meningkatkan Performa Android.

Top