Samsung Mendapatkan Izin Uji Mobil Tanpa Sopir

Samsung Dapat Izin Uji Mobil Tanpa Sopir – Seperti raksasa teknologi berkembang lainnya, Samsung ikut mengembangkan teknologi mobil swa-kemudi atau disebut juga dengan mobil bisa menyetir sendiri tanpa mobil. Belakangan ini pabrikan gadget asal Negeri Ginseng itu menurut rental mobil Jogja dikabarkan sudah memperoleh izin uji coba dari kementrian Pertahanan, Infastruktur, dan Transportasi Korea Selatan. Mobil swa-kemudi Samsung pun sudah mendapatkan lampu hijau untuk diuji coba di jalanan publik.

Izin uji mobil tanpa sopir tersebut diberikan dalam rangka mempermudah regulasi mobil swa-kemudi untuk mendorong pertumbuhan industri. Mobil swa-kemudi menggunakan kolaborasi teknologi terkini dari sektor otomotif, artificial intelligence, serta komunikasi dan informasi. Informasi mengenai mobil tanpa sopir Samsung sebenarnya masih belum banyak diketahui oleh publik sampai saat ini.

Perusahaan tersebut hanya diduga menggunakan basis mobil komersial buatan Hyundai dan dipasangi serangkaian kamera dan sensor. Samsung juga disinyalir bakal memakai modul-modul komputer yang menjalankan teknologi kecerdasan buatan dan deep learing untuk mendukung pengendalian otomatis dicuaca buruk sekalipun.

Sebelumnya Samsung juga telah mengumumkan pengembangan mobil swe-kemudi ini pada 2015 lalu. Alih-alih membuat satu mobil utuh, tim pengembangan malah berfokus pada komponen-komponen yang dibutuhkan. Tak hanya Samsung yang dikabarkan mengembangkan teknologi tersebut, sejumlah raksasa besar seperti google , Uber, dan Apple juga diketahui sedang mengembangkan teknologi mobil tanpa sopir masing-masing.

Sebelumnya terlihat mobil Lexus RX450h SUV keluar dari markas Apple di Cupertino dan mengitari Silicon Valley. Diduga kuat bahwa mobil tersebut menandai pengujian perdana Apple secara publik untuk proyek self-driving car. Mobil tersebut dilengkapi dengan perkakas teknologi canggih. Misalnya unit Velodyne liDAR yang terpasang eksterior mobil. Bisa jadi kamera itu juga mampu menangkap pemandangan 360 derajat disekitar mobil. Dari luar platform pada self-driving car milik Apple tampak sama dengan yang ditawarkan oleh vendor lain. Misalnya pada sistem pematrian sistem dari LiDAR yang memang menjadi tonggak self-driving car pada umumnya. Namun belum jelas siapa yang bakal lebih dulu siap menghadirkan produk dipasaran.

Teknologi Terkait

Daftar Perbandingan

Bandingkan
Hapus Semua
Bandingkan
0
Top