Jaringan XL Akan tetap Optimal Saat Mudik Lebaran

Ini Yang Terjadi di Jaringan XL Saat Mudik dan Lebaran Tahun Ini – Operator seluler XL Axiata tengah bersiap menghadapi datangnya bulan Ramadhan dan musim mudik lebaran 2017. salah satu persiapannya adalah dengan menggelar uji jaringan di beberapa titik mudik yang menjadi pusat keramaian. XL juga melakukan optimasi dan rebalancing jaringannya saat mudik dan Lebaran 2017 nanti. Apa yang dimaksud dengan rebalancing?

Sistem XL dikatakan bakal bisa melakukan optimasi secara otomatis di kota kapasitas jaringan nya masih besar, ke daerah lain yang lebih membutuhkan. Misalnya kapasitas jaringan di Jakarta masih besar karena ditinggal mudik oleh penduduk Jakarta. Secara otomatis kapasitas jaringan akan dialihkan ke kota yang lebih membutuhkan jaringan tersebut. teknologi itu sendiri disebut MME dan MSS in Pool.

Selain itu menurut Direktur/Chief Service Management Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya, meningkatkan kapasitas jaringan juga kan dilakukan di beberapa titik keramaian. “Beberapa diantaranya adalah stasiun kereta, bandara, pelabuhan, tempat wisata, sampai jalan-jalan yang diprediksi akan melonjak pengunjungnya,” ujar Yessie di acara XL Axiata Media Gathering di Bali.

Persiapan lainnya juga dengan memperluas coverage 4G dan 3G. XL sendiri berencana memiliki 17.000 BTS 4G di 330 kota pada 2017 ini. Pada 2016 lalu XL baru memiliki 8.204 BTS 4G. Selain itu XL juga berencana untuk memasang mobile BTS sebanyak 35 hingga 50 lokasi mudik, seperti pelabuhan Bakauheuni, Tol Gate Palimanan, Exit Tol Pejagan, dan Brexit Timur.

Seperti tahun-tahun sebelumnya XL juga melakukan uji jaringan secara mandiri. pengujian meliputi jalur kereta Utara dan Selatan Jakarta-Surabaya, jalan tol Pantai Utara Jawa, Jalan lintas Selatan Jawa, lintas Utara dan selatan Madura. Diluar Jawa pengujian dilakukan di lintas barat, tengah dan selatan Sumatera, lintas Balikpapan-Samarinda, lintas Banjarmasin -Palangkaraya, Banjarmasin-Barabai, lintas Pontianak-Singkawang, dan Gilimanuk-Denpasar-Padang Bai. Dari uji jaringan XL memutuskan untuk meningkatkan kapasitas jaringan sebesar dua hingga tiga kali lipat di beberapa titik mudik.

Top