iPad Tetap Laris, Meski Pasar Tablet Manipis

Pasar Tablet Menipis, iPad Tetap Laris Manis – Industri perangkat tablet terus menipis dengan penurunan penjualan 8,5 persen dari tahun ke tahun. Meski demikian pasar perangkat tablet cukup ramai dengan penjualan masih dalam angka puluhan juta unit. Ada 36,2 juta tablet yang terjual di ranah global dalam tiga bulan pertama 2017. Angka tersebut menurun dari 39,6 juta tablet terjual pada kuartal pertama 2016.

Sedangkan Apple masih bertahan di posisi pertama sebagai perusahaan dengan penjualan perangkat tablet terbanyak dari lini iPad. Apple masih mampu menjual 8,9 juta unit iPad selama tiga bulan sejak Januari hingga akhir Maret tahun ini. Pangsa pasar Apple mencapai 24,6 persen pada kuartal satu tahun 2017 ini. Sebagai tertera pada laporan IDC terbaru.

Meski demikian Apple sejatinya mencatat penurunan penjualan sebesar 13 persen dari tahun ke tahun. Pada kuartal pertama 2016 pangsa pasar Apple mencapai 25,9 persen dengan penjualan iPad mencapai 10,3 unit. Di bawah Apple, Samsung menempati posisi kedua dengan pangsa pasar 16,5 persen dari penjualan 6 juta unit Galaxy Tab. Namun angka tersebut menurun 1,1 persen dari penjualan tahun sebelumnya.

Hal yang sama juga dialami oleh Amazon dan Lenovo yang masing-masing menempati posisi keempat dan kelima. Untuk Amazon terjual 2,2 juta unit tablet dengan penurunan 1,8 persen dari kuartal pertama. Sedangkan Lonovo mengalami penurunan penjualan yang lebih signifikan yaitu mencapai 3,8 persen. Awal tahun ini Lenovo hanya mengapalkan 2,1 juta unit tablet dari sebelumnya 2,2 juta unit pada tahun lalu.

Huawei merupakan satu-satunya vendor yang mengalami peningkatan penjualan. Berada di posisi ketiga, Huawei menunjukan peningkatan pemasaran tablet hingga 31,7 persen. Jika pada kuartal pertama 2016 Huawei hanya menjual 2 juta tablet, maka pada kuartal pertama 2017 Huawei mampu menjual 2,7 juta unit tablet. Ini menjadi kebanggaan tersendiri. Huawei berharap penjualan akan terus meningkat.

Top