Presiden AS Temui Bos Pabrikan China Perakit iPhone

Trump Bakal Temui Bos Pabrikan China Perakit iPhone – Presiden Amerika serikat, Donald Trump kerap mengkritik Apple karena mengandalkan rekanan pabrik di luar AS untuk memproduksi perangkat elektronik tersebut. Dalam hal ini salah satu rekanan terbesar Apple adalah Foxconn yang berkantor pusat di Taiwan. Meski demikian Trump kini justru dikabarkan hendak menemui Presiden Direktur Fixconn, Terry Gou, dalam waktu dekat. Jika kabar ini benar maka ini adalah pertemuan pertama yang terjadi.

Kabarnya pertemuan ini dimediasi oleh presiden Direktur SoftBank Group, Masayoshi Son. Sebelumnya pada Desember 2015, Son dan Trump telah bertemu di New York, AS. Lalu apa yang bakal di bahas Trump dengan bos Foxconn? Menurut selentingan rumor yang beredar, Trump hendak membicarakan kemungkinan akuisisi unit bisnis chip memori NAND milik Toshiba.

Pasalnya diketahui Apple dan Foxconn adalah dua perusahaan yang paling gencar di isukan berminat untuk mencaplok NAND. Pemerintah AS sendiri ingin memastikan akuisisi ke anak usaha Toshiba itu tak akan membahayakan keamanan nasional.

Dikabarkan unit bisnis NAND ada kaitannya dengan Westinghouse yang merupakan unit nuklir Amerika dibawah naungan Toshiba. Westinghouse sendiri memiliki teknologi reaktor berkelas sekelas militer. Namun sangat disayangkan lagi-lagi kabar ini belum dikonfirmasi oleh berbagai pihak yang terlibat. Sebelumnya dikabarkan bahwa menantu Trump, Jared Kushner, sudah terlebih dahulu bertemu dengan Gou pada Februari lalu.  Lalu apakah Trump dan Foxconn akan membahas potensi bisnis Apple? Atau justru akan terfokus pada bursa akuisisi Toshiba? Belum ada yang bisa memastikan hingga pertemuan itu berlangsung.

Sebelumnya memang Toshiba sedang didera kesulitan keuangan. Perusahaan Jepang itu merugi miliaran dollar AS dari bisnis energi nuklir Westinghouse electrik. Belum lagi mengenai skandal akuntan dari dua tahun lalu yang juga menyebabkan kerugian besar. Ditengah-tengah kondisi tersebut, Toshiba berniat melogo bisnis chip memorinya kepada pihak yang berminat untuk menambal khas perusahaan.

Teknologi Terkait

Daftar Perbandingan

Bandingkan
Hapus Semua
Bandingkan
0
Top