Wow! Vendor Ponsel Premium Vertu Dibeli Miliarder Turki Rp 812 Miliar

Vendor Smartphone Mewah Vertu dibeli Pengusaha Dari Turki – Vertu dikenal sebagai vendor gadged asal inggris yang selam ini membuat smartphone kelas premium. Setelah sempat dimiliki oleh Nokia dan godin Holdings, kini Vertu memiliki pemilik baru. Baferton Ltd adalah perusahaan pemilik Hakan Uzan yang mengakuisisi Vertu saat ini. Baferton membayar perusahaan China Godin Holdings selaku pemilik Vertu sebelumnya sebesar 50 juta poundsterling atau sekitar Rp 812 miliar.

Walau Vertu telah diakuisisi oleh pengusaha Turki, namun Vertu akan tetap beroprasi dari kantor pusatnya di Inggris. Tidak diketahui apa motif dari pembelian perusahaan ini. Kondisi keuangan Vertu sendiri juga belum di ketahui. Pasalnya diketahui Vertu selama ini tidak menyerahkan laporan keuangan ke pemerintah Inggris.

Dinasti Uzan pemilik Baferton sendiri memiliki sejarah yang kontroversial, keluarga tersebut pernah terlibat kasus hukum dengan Presiden AS Donald Trump dan Nokia selaku pendiri Vertu. Keluarga Uzan meminjam uang kepada Nokia dan Motorola untuk mendirikan perusahaan seluler, Telsim, yang belakangan ini berubah menjadi Vodafone Turki.

separator

Telsim sendiri mengalami masalah keuangan dan terlilit hutang, lalu keluarga Uzan harus menjual jet pribadi nya dan sejumlah properti lainnya untuk melunasi hutang-hutang tersebut. Sedangkan Nokia mendirikan Vertu sejak tahun 90 an untuk mengeruk untung dari bisnis smartphone dari kalangan orang-orang kaya. Smartphone ini sangat canggih dan juga dibekali dengan material mewah seperti berlian dibuat dengan layar safir dan kulit berkelas.

Sayanganya Nokia tenggelam saat kemunculan smartphone canggih seperti iPhone pada 2007, lalu menjual Vertu ke perusahaan China Godin Holdings. Dan kini Baferton pemilik ketiga Vertu. Harga sebuah smartphone Vertu bisa mencapai 10.000 dollar AS. Pada 2015 lalu perusahaan berhasil menjual 450.000 smartphone dengan harga rata-rata 6.000 dollar AS.

Top