Pusat Riset Pertama Apple di Indonesia Berlokasi di BSD Tangerang

BSD Tangerang Menjadi Lokasi Pusat Riset Pertama Apple di Indonesia – Apple diketahui akan membangun tiga pusat riset atau pusat inovasi di Indonesia dalam periode tiga tahun investasi. Pembangunan ini menjadi bentuk komitmen apple di Indonesia. selama ini banyak yang mempertanyakan dimana raksasa teknologi itu bakal membangun pusat inovasinya di Tanah Air. Hal ini terjawab sudah lewat pertemuan perwakilan Apple dan Kementrian Perindustrian di Kantor Kemenperin, Jakarta.

Diketahui Staf Ahli Menteri Perindustrian Sanny Iskandar, pusat inovasi Apple pertama akan berlokasi di Green Office Park Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang Selatan. realisasinya diperkirakan pada akhir kuartal kedua 2016. Apple membangun pusat inovasi di Indonesia guna memenuhi Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 65 Tahun 2016 tentang Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan menjual iPhone secara resmi di Indonesia.

Perusahaan pembesut iPhone ini diberi waktu selam tiga tahun untuk menyelesaikan komitmen investasinya sebesar 48 juta dollar AS. Peluncuran iPhone 7 di Indonesia yang akan dilakukan pada pekan ini menandakan Indonesia telah menjadi salah satu pasar penting bagi Apple.

Gedung di green Office Park itu merupakan sewaan sementara, bukan bangunan yang dibeli. Menurut Sanny mungkin Apple sedang menunggu proyek digital hub BSD City rampung untuk membangun sendiri pusat inovasinya disana. Penetapan lokasi di Green Office Park sudah tinggal fitting out dan segala macam alasan memilih BSD, karena ditempat itu juga akan dibangun Digital Hub seluas 25 hektar. Semacam Sillicon Valley di Indonesia.

Selain di BSD rencana Apple juga akan membangun pusat inovasi di dua tempat lainnya di Indonesia. Menkominfo Rudiantara sebelumnya juga memberi saran agar Apple tak Jawa sentris dalam membangun pusat inovasi. Menkominfo menyarankan agar Apple membangun satu pusat inovasi di Sumatra Utara.

Top