Messenger Facebook Bisa Berbagi Lokasi

Fitur Berbagi Lokasi Facebook Messenger – Facebook memang terus melakukan inovasi untuk tetap mempertahankan eksistensinya di dunia sosial media. Setelah beberapa waktu lalu resmi meluncurkan fitur terbarunya yakni live untuk perangkat desktop, kini Facebook kembali melakukan penambahan fitur baru pada platformnya tersebut. kini giliran Messenger Facebook yang mendapatkan sentuhan fitur baru yakni fitur berbagi lokasi.

Fitur Berbagi Lokasi Facebook Messenger

Meskipun masih berada di bawah bendera Facebook, Messenger rupanya memang sudah memisahkan diri dari platform sosial media Facebook untuk lebih mengembangkan lagi aplikasi mengobrol ini.

Seperti pada aplikasi chatting milik Blackberry pada Messenger Facebook ini pengguna dapat berbagi lokasi secara langsung (real time) dalam jangka satu jam. Tentu fitur ini akan membuatnya bersaing dengan fitur yang sudah dimiliki Apple dan Google Maps.

Rupanya, penambahan fitur terbarunya ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, Facebook disebut-sebut mendapat satu frasa yang sering digunakan saat bercakap-cakap dengan teman dan keluarga di Messengr, yakni “Sedang dimana?” atau beberapa kata yang memiliki arti sama. “Begitulah kira-kira yang dikatakan, tentang apa yang paling menarik untuk mereka,” kata Kepala Produk Messenger, Stan Chudnovsky, dalam sebuah wawancara.

Fitur terbaru ini sudah dapat dinikmati oleh para penggunanya dengan memperbarui aplikasi messenger di Play store untuk Android, dan App Store untuk iOS. Fitur berbagi lokasi ini memang dapat dilakukan secara langsung, sehingga saat seorang pengguna membagikan lokasinya kepada teman, maka teman tersebut akan melihat pergerakan pengguna selama satu jam.

Sebelumnya, Facebook telah menguji fitur berbagi lokasi ini di Meksiko sekitar Oktober tahun lalu. Meskipun ketika diuji, fitur tersebut dinilai sudah siap untuk digunakan, namun perusahaan tetap melakukan penyempurnaan selama lima bulan lebih untuk meminimalkan dampaknya ke daya tahan baterai smartphone.

Facebook juga melihat fitur terbarunya ini akan sangat berguna untuk berkoordinasi dengan teman dan untuk tujuan-tujuan keamanan lain. Disisi lain, pekan lalu Google Maps juga menyatakan menambahkan fitur langsung serupa untuk meningkatkan keterkaitan pengguna produk tersebut.

Menurut Chudnovsky, kedekatan waktu peluncuran fitur terbaru Facebook Messenger dan Google Maps tersebut secara tidak langsung mengindikasikan bahwa Messenger telah mengerjakan hal yang tepat.

Top