Lika-Liku Penjualan iPhone di Indonesia

Lika-Liku Penjualan iPhone di Tanah Air Dari Rp 25 Juta sampai Rp 10 Juta – Awal september 2016 Apple memperkenalkan duo smartphone iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Tak butuh waktu lama untuk kedua ponsel tetsebut masuk dan beredar di pasar Indonesia. Pada bulan yang sama kios-kios di Jakarta juga sudah mulai menjajakan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Ketika itu iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang dijual bukanlah yang versi resmi dari distributor Apple di Indonesia.

Para pedagang memperoleh barang dari jalur lain yang umum dikenal dengan sebutan BM alias black market, entah dibawa hand carry secara perorangan dari negara tempat iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang sudah resmi beredar atau dengan cara lain. iPhone 7 dan iPhone 7 Plus versi BM pun dijual dengan harga yang lumayan fantastis.

Satu unit iPhone 7 versi yang paling murah dengan memori internal 32 GB dihargai dengan belasan juta rupiah. Adapun harga iPhone 7 Plus 128 GB bisa menembus kisaran Rp 25 juta.Apple memang terganjal aturan pemerintah mengenai tingkat kandungan dalam negeri TKDN 30 persen untuk smartphone 4G yang dijual di Indonesia.

separator

Produk ponsel terakhir yang masuk ke Tanah Air secara resmi adalah duo iPhone 6 dan iPhone 6 Plus pada 2015 lalu. Titik terang kehadiran iPhone secara resmi ke Indonesia mulai muncul menjelang akhir tahun lalu. Usai bicara dalam pembukaan pameran Indocomtech 2016 di Jakarta, awal November,Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengungkapkan rencana Apple membangun tiga pusat riset dan pengembangan teknologi di Tanah Air.

Secara terpisah, Direktur Jendral Industri Logam, Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementrian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan menjelaskan bahwa nilai investasi yang akan ditanam Apple dalam rangka membangun ketiga pusat riset mencapai 44 juta dollar AS atau sekitar Rp 588 miliar. Pembangunan ketiga pusat riset tersebut akan menjadi pintu masuk bagi iPhone untuk beredar secara resmi di Indonesia.

Setelah publikasi secara resmi muncul kabar bahwa iPhone 7 dan iPhone 7 Plus bakal mulai dijual secara resmi di Indonesia pada 31 Maret mendatang. Erajaya selaku distributor resmi produk-produk ponsel Apple di Indonesia mengungkapkan bahwa acara peluncuran akan berlangsung secara serentak di 6 lokasi ritel di Jakarta, Bandung, Medan dengan pembukaan pre-order pada 24 Maret 2017.

Top